4 Kandidat Pengganti Anas Urbaningrum

by
February 27th, 2013 at 3:57 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Penetapan Anas Urbaningrum sebagai tersangka kasus korupsi proyek Hambalang membuat mantan Ketua Umum Partai Demokrat itu harus mengundurkan diri dari jabatannya.

Ketika Anas sudah mengundurkan diri, siapa yang akan menggantikannya menjadi Ketua Umum partai berlambang bintang mercy itu?

VIVAnews

VIVAnews

Untuk sementara, semua kepemimpinan Partai Demokrat memang dipegang oleh Majelis Tinggi Partai yang diketuai oleh Susilo Bambang Yudhoyono.

Namun rupanya, Partai Demokrat tidak mau  membiarkan posisi Ketua Umum kosong berlama-lama. Karena sangat sibuk, maka SBY akan mengembalikan semua hak pemimpin harian Demokrat kepada Ketua Umum yang baru. Lalu siapakah yang akan menggantikan Anas nantinya?

Menurut Ruhut Sitompul, SBY sebenarnya sudah mengantongi beberapa nama calon yang akan dijadikan Ketua Umum.

“Sudah, Pak SBY saya yakin sudah mengantongi beberapa nama. Tapi yang terpenting adalah kita lakukan konsolidasi dahulu ke daerah-daerah,” kata Ruhut Seperti dikutip Merdeka.com, Rabu, 27 Februari 2013.

Dan inilah 4 orang kandidat terkuat pengganti Ketua Umum Partai Demokrat yang dulunya dijabat oleh Anas Urbaningrum:

1. Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas

Anak bungsu dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini memang telah menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Partai Demokrat. Bahkan untuk mengurusi partai, Ibas rela mundur dari jabatannya sebagai anggota Komisi I DPR RI.

Kemunduran Ibas ini mengisyaratkan bahwa ia sudah dipersiapkan untuk menggantikan Anas. Namun beberapa petinggi Partai Demokrat membantah anggapan ini.

2. Pramono Edhie Wibowo

Pramono Edhie adalah adik ipar dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Ia masuk bursa calon ketua umum Partai Demokrat. Kabar Pramono yang akan menggantikan Anas juga masih simpang siur.

“Saya belum bisa tahu. Tapi siapapun dia, termasuk Pramono Edhie dipilih secara demokratis, ya itulah ketum kita. Saya pikir saya belum bisa komentar. Beliau sekarang (usia) 57-an sedangkan pensiun 58,” kata anggota Dewan Pembina Demokrat Hayono di Gedung DPR, Jakarta, Rabu 13 Februari 2013.

3. Jero Wacik

Menteri ESDM ini menjabat sebagai sekretaris Dewan Pembina Partai Demokrat. Ia adalah salah satu loyalis Susilo Bambang Yudhoyono yang berhadapan dengan Anas Urbaningrum.

Jero Wacik jugalah yang pertam kali meminta SBY untuk turun tangan menyelesaikan kisruh Partai Demokrat.

4. Marzuki Alie

Ketua DPR RI ini juga diisukan akan menggantikan posisi Anas Urbaningrum sebagai Ketua DPR RI. Namun ketika dikonfirmasi, Marzuki Alie membantahnya karena proses pergantian ketua umum sudah masuk dalam mekanisme AD/ART yang sudah ditetapkan oleh masing-masing partai. (RN)

Comment di sini