Foto Michelle Obama Diubah Oleh Kantor Berita Iran

by
February 27th, 2013 at 12:16 pm

CiriCara.comIran memang negara yang sangat menjunjung tinggi hukum-hukum agama Islam di negaranya. Negara yang masuk dalam wilayah Timur Tengah ini, terkenal sebagai Republik Islam. Jadi, seluruh warganya diatur dengan hukum-hukum yang berdasar pada hukum agama Islam.

ABC News

ABC News

Uniknya, hal tersebut sampai membuat kantor berita Iran, Fars harus mengubah foto Michelle Obama dalam berita tentang kehadiran wanita nomor 1 di Amerika Serikat itu dalam acara Academy Awards.

Sebenarnya, Michelle tidak mengenakan pakaian yang terlalu seksi. Istri Presiden Obama ini hanya mengenakan gaun abu-abu tanpa lengan dan sedikit memperlihatkan bagian atas dadanya.

Akan tetapi, pakaian seperti itu dianggap tidak sopan menurut hukum di negara Iran tersebut. Agar supaya para pembaca tertarik membaca berita tentang Michelle Obama, dan tidak terjadi kontroversi, kantor berita Iran itu mengubah foto Michelle Obama dengan menggunakan photoshop.

Dalam foto yang sudah diubah, Michelle Obama jadi terlihat memakai gaun abu-abu mengkilap yang sama, hanya saja dibuat berlengan dan menutupi seluruh bagian dadanya.

Meski, gaun buatan perancang Naeem Khan yang dipakai Michelle Obama itu dianggap sebagai gaun standar Amerika, tapi gaun itu dinilai menyalahi hukum Islam di negara Iran. Oleh karenanya dilakukan modifikasi seperti itu.

Patrick Ventrell, wakil juru bicara Departemen Luar Negeri AS menolak mengomentari foto Michelle Obama yang diubah oleh kantor berita Iran tersebut, tapi pihaknya mengaku bahwa mereka sudah melihat foto hasil edit-an itu.

Pasalnya, bukan hanya foto Michelle Obama saja yang pernah diubah menjadi lebih tertutup pakaiannya. Tetapi, pada tahun 2011, supermodel Gisele Bundchen juga diubah fotonya. Selain itu, foto album penyanyi ternama Mariah Carey pun juga pernah diubah di Arab Saudi, karena dianggap tidak sesuai dengan peraturan dan norma di negara tersebut.

(yk)

ABC News

Comment di sini