CiriCara: Cara Aman Berinvestasi Emas

by

cara aman investasi emasCiriCara.com – Berinvestasi emas tidak bisa dilakukan secara serampangan. Ada sejumlah hal yang harus kita perhatikan agar tidak terjerembab ketika sedang melakukan investasi.

Ada banyak cara untuk berinvestasi emas, namun tidak semuanya bisa dilakukan karena faktor keamanan. Banyaknya perusahaan yang diduga melakukan praktik penipuan terhadap nasabah menjadi satu penyebab kenapa kita harus mencari tahu cara yang benar-benar aman untuk berinvestasi emas.

Untuk mengetahui cara aman berinvestasi emas selain membenamkan dana di perusahaan yang bergerak di bidang investasi emas, simak poin-poin di bawah ini:

1. Untuk investasi lain

Emas bisa dimanfaatkan untuk membantu menjalankan investasi di bidang lain. Contohnya, ketika kita berencana untuk menjalankan bisnis dengan membuka tempat usaha, dana bisa kita alihkan dulu untuk membeli emas.

Ketika tiba waktunya kita sudah siap menjalankan usaha dan harga emas di pasaran sudah lebih mahal dari harga pembelian sebelumnya, kita bisa menggunakan dana hasil penjualan emas untuk investasi ini. Selain dengan menjual, kita juga bisa mendapatkan dana dengan menggadaikan emas. Profit dari bisnis baru yang dijalankan bisa digunakan untuk menebus emas kelak.

2. Dana rencana masa depan

Bank saat ini banyak yang menawarkan tabungan rencana berjangka. Cara aman berinvestasi emas yang satu ini mirip dengan tabungan rencana, yakni membeli dan menyimpan emas untuk digunakan di masa depan. Harga emas pastinya cenderung terus naik setiap tahun tergantung situasi di lapangan.

Harga emas diasumsikan naik sebesar 20 persen per tahun. Kita tinggal menghitung besarnya investasi dan hasil yang didapatkan untuk rencana masa depan seperti sekolah anak, pensiun, dan lain-lain.

3. Jual di saat yang tepat

Harga emas fluktuatif dari hari ke hari tergantung situasi dan kondisi di lapangan, namun cenderung terus naik. Untuk mendapatkan keuntungan maksimal, kita harus selalu mengikuti perkembangan harga emas setiap hari. Belilah emas ketika harganya rendah, lalu jual saat harga emas lebih tinggi di pasaran.

Selain dengan menjual, kita juga bisa menggadaikan emas untuk membeli emas lain yang harganya masih murah. Lakukan ini secara berkelanjutan hingga harga emas naik. Kita wajib ekstra hati-hati dan teliti ini dalam melakukan cara ini agar tidak salah langkah.

Itulah 3 cara aman berinvestasi emas yang sering digunakan. Intinya, ketelitian dan kewaspadaan mutlak diperlukan apabila kita ingin sukses berinvestasi emas. Dalam hal ini, selain wajib mengetahui perbedaan emas asli dan palsu, kita juga harus selalu mengikuti perkembangan kabar terkait harga emas tiap hari. (hp)


comments powered by Disqus