CiriCara: Cara Menyelamatkan Dokumen Word yang Corrupt

by
February 28th, 2013 at 2:45 pm

korup1CiriCara.com – Karena suatu dan lain hal kadang file Microsoft Word yang kita simpan di komputer menjadi corrupt atau rusak.

Bila isinya hanya tulisan tidak penting mungkin tidak akan membuat Anda gusar, namun bila isi file Word tersebut adalah hal penting seperti skripsi, laporan pekerjaan, atau data penting lainnya tentunya akan membuat kita kesal.

Jangan buru-buru banting komputer Anda, ada cara menyelamatkan dokumen Word yang corrupt. Ada dua metode perbaikan yang dapat Anda coba yakni dengan fitur Open and Repair dan dengan aplikasi RepaiMyWord. Mari kita simak:

1. Open and Repair

korup2

Guna memperbaiki file Word yang rusak ternyata Microsoft memiliki fitur bawaan yang cukup efektif yakni Open and Repair. Cara mengakses fitur ini adalah dengan menjalankan aplikasi Microsoft Word, buka menu, pilih “Open and Repair” atau bisa juga dengan shortcut CTRL+O.

Setelah Anda menekan CTRL+O, jendela akan muncul,  pilih dokumen Word Anda yang corrupt dan pilih “Open and Repair” dengan menekan menu drop-down pada tombol “Open”. Secara langsung sistem akan mencoba memperbaiki dokumen Word Anda yang rusak dan bila sudah selesai dokumen itu akan terbuka sendiri.

Apabila masih gagal terbuka, Anda bisa mengulangi proses ini lagi atau mencoba metode kedua yakni dengan aplikasi RepairMyWord.

2. RepairMyWord

korup3

Untuk menggunakan aplikasi ini Anda dapat lebih dahulu mengunduhnya pada situs resminya. Setelah itu instal aplikasi ini di komputer Anda. Selanjutnya setelah selesai menginstal jalankan aplikasi ini, klik “Repair/Open” lalu pilih dokumen rusak yang ingin Anda perbaiki dan klik “Save”. Setelah selesai Anda bisa langsung membuka dokumen yang tadi Anda perbaiki.

korup4

Aplikasi ini diklaim pasti berhasil dalam menyelamatkan dokumen Word Anda yang rusak, namun sayangnya hingga kini update aplikasi ini belum ada, jadi aplikasi ini hanya bisa memperbaiki dokumen Word 2003 ke bawah. Pengembang aplikasi ini juga menyediakan aplikasi perbaikan dokumen Microsoft Office yang lain pada situsnya.

Bila Anda memiliki dokumen Word yang rusak, tidak ada salahnya Anda mencoba dua metode ini untuk menyelamatkannya. (LH)

Comment di sini