CiriCara: Cara Pasang Add-on Facebook di Browser

by
February 28th, 2013 at 8:56 am

unnaxfthdmedCiriCara.com – Hidup kita selalu bersinggungan dengan jaringan, entah itu offline ataupun online. Salah satu jaringan online yang paling terkenal adalah Facebook. Facebook telah menjadi sarana untuk menuangkan kebutuhan manusia seperti bergaul, membuat sesuatu, santai, dan sebagainya.

Kita menggunakan jejaring sosial seperti Facebook ini untuk berkomunikasi, mengetahui perkembangan kawan dan kerabat, berbagi hal yang terjadi dalam hidup kita sehari-hari, dsb. Bahkan Facebook bagi sebagian orang sudah menjadi kebutuhan yang tidak bisa lepas dari kegiatan sehari-hari.

Bagi Anda yang tidak bisa lepas dari Facebook ada baiknya Anda menginstal Facebook toolbar, sidebar, atau add on yang dapat membantu Anda untuk selalu terhubung dengan jejaring sosial ini. Bagaimana caranya? Berikut ini ada cara pasang add on Facebook di browser:

Google Chrome

unnaxfthdmed

Ekstensi Facebook untuk browser Chrome seperti meletakkan Facebook di ujung jari Anda. Dengan add on yang terpampang di toolbar Chrome Anda tidak perlu lagi membuka Facebook untuk tahu berita, pesan, foto, dan notifikasi Facebook karena semua terpajang di toolbar Chrome.

Karena Facebook for Chrome juga terintegrasi dengan menu klik kanan Chrome, maka Anda bisa secara instan berbagi apa saja melalui URL dengan klik kanan pada item dan pilih Share on Facebook dari menu yang muncul.

Mozilla Firefox

facebook_toolbar_adon

Banyak add on Facebook yang dibuat untuk Firefox, namun sebenarnya Firefox sendiri sudah mendukung integrasi dengan Facebook. Fitur ini tersembunyi di about:config, di mana bisa dengan mudah diaktifkan, caranya adalah sebagai berikut:

Buka tab baru di Firefox, ketikkan about:config di kolom URL dan klik Enter. Selanjutnya klik “Promise to be Careful”. Lalu cari pilihan dengan nama “social.enabled”, klik dan ubah valuefalse” menjadi “true”. Pada saat yang sama Facebook Messenger sidebar akan muncul di sebelah kanan browser. Setelah login, sidebar akan menunjukkan update terbaru Facebook, daftar kawan, notifikasi, dan sebagainya.

Opera

facebook_opera

Browser ini juga memiliki akses langsung integrasi Facebook. Persis seperti Chrome, dengan sebuah add on, tombol toolbar Facebook akan hadir dan akan melebar menjadi jendela baru jika ditekan. Facebook dan Opera juga bekerjasama dalam pengembangan ekstensi Facebook pada Opera Speed Dial. Tampilan Speed Dial ini persis juga seperti yang terdapat di Chrome.

Microsoft Internet Explorer

facebook-web-slice

Tidak tersedia add on Facebook ataupun toolbar Facebook untuk Internet Explorer versi terbaru yang menyerupai fungsi-fungsi yang dibawa browser-browser di atas. Sepertinya Internet Eplorer hanya bisa mengakses Facebook dengan membukanya seperti biasa saja. Namun di versi sebelumnya mungkin ada ekstensi seperti Facebook Web Slice atau Facebook Tollbar.

Kesimpulan

Integrasi Facebook dengan browser yang Anda gunakan memang menyenangkan namun mungkin menimbulkan kecanduan. Dengan Facebook yang selalu berada di depan mata Anda tidak akan kelewatan aktifitas kawan Facebook Anda, ulang tahunnya, dsb. Yang mungkin akan Anda lewatkan adalah kehidupan nyata Anda. Maka dari itu tetaplah mencari keseimbangan antara hidup online dan offline Anda. (LH)

Comment di sini