Foto: Momen Pidato Terakhir Paus Benedict XVI

by
February 28th, 2013 at 3:13 pm

CiriCara.com28 Februari 2013, hari terakhir di bulan Februari, bulan kedua di tahun 2013, juga menjadi hari terakhir bagi Benedict XVI menjabat sebagai Paus.

Seperti yang sudah ramai diberitakan sebelumnya, Paus Benedict XVI yang sudah menjabat selama 8 tahun itu, hanya akan menyelesaikan masa jabatannya sebagai Paus hingga akhir bulan Februari ini.

Benedict XVI memilih mundur dari jabatan karena merasa terlalu tua untuk mengemban tugas sebagai pemimpin umat Katolik di seluruh dunia.

Dengan keputusannya untuk mundur sebagai Paus, artinya Benedict XVI menjadi Paus pertama yang mundur sejak momen pengunduran diri Paus Gregorius XII pada tahun 1415 silam.

Sebelum resmi pensiun sebagai Paus, pada 27 Februari 2013 lalu, Benedict XVI menyampaikan pidato terakhir sekaligus pidato perpisahannya di St. Peter Square, Vatikan.

Lebih dari 150.000 orang membanjiri tempat itu untuk memberikan dukungan sekaligus menyaksikan pidato terakhir dari Benedict XVI sebagai Paus.

Terlihat pula, dalam momen itu, Paus yang menumpang mobil terbuka melambaikan tangan kepada khalayak ramai yang berkumpul di sana. Suasana semakin terasa haru karena 70 kardinal yang hadir saat itu, ada yang menangis, ada pula yang hanya duduk terdiam dengan khidmat.

Setelah Benedict XVI selesai menyampaikan pidato terakhirnya, serempak semua orang yang berkumpul di tempat itu memberi tepuk tangan yang meriah. Setelah itu, Paus segera pergi meninggalkan St. Peter, sambil tetap melambai-lambaikan tangan dan memberkati seluruh umatnya.

Berikut beberapa foto yang mengabadikan momen tersebut:

Getty Images

Getty Images

Getty Images

Getty Images

Getty Images

Getty Images

Getty Images

Getty Images

Getty Images

Getty Images

(yk)

Daily Mail

Comment di sini