Begini Etika Menonton Fashion Show

by
March 1st, 2013 at 9:02 am

fashion showCiriCara.com – Pernah menghadiri acara pergelaran busana atau yang biasa disebut fashion show? Acara pergelaran busana adalah acara di mana para perancang busana memamerkan karyanya. Terkadang, karya dari para perancang busana tersebut dijadikan acuan untuk tren busana yang akan datang.

Para pecinta fashion tentu ingin sekali menonton pergelaran busana. Namun, tidak semua orang mempunyai kesempatan untuk itu karena biasanya mereka yang menonton telah mendapatkan undangan sebelumnya.  Jadi, Anda yang telah mendapatkan undangan pergelaran busana termasuk ke dalam orang yang beruntung.

Namun, tidak semua para tamu undangan mengerti cara bertingkah laku dalam acara tersebut. Berikut ini adalah beberapa etika saat menonton pergelaran busana :

1. Bicaralah pelan-pelan

Saat Anda menonton pergelaran busana, usahakan untuk tidak berbicara terlalu keras karena Anda mengganggu orang di sekitar. Selain itu, usahakan pula tidak terlalu banyak berkomentar pedas dalam pergelaran busana.

Bayangkan bahwa Anda menonton pergelaran busana selama 30-60 menit dan para perancang busana membuat karyanya selama 3 bulan lebih. Hal itu tentu tidak sebanding dengan kerja keras para perancang busana yang mungkin tidak tidur semalam karena memikirkan acara tersebut. Maka dari itu, Anda perlu menghargai karya mereka dengan tidak berkomentar pedas  dan menertawakan karyanya.

2. Jangan angkat kamera terlalu tinggi

Dalam beberapa acara pergelaran busana, biasanya para tamu diperbolehkan untuk mendokumentasikan acara saat pergelaran busana berlangsung. Ponsel, kamera, atau tablet Anda adalah beberapa barang yang bisa Anda gunakan sebagai alat dokumentasi.

Ingatlah untuk tidak mengangkat kamera tinggi-tinggi karena bisa menggangu penglihatan orang di belakang Anda. Selain itu, usahakan untuk tidak menggunakan flash saat memotret karena dapat mengganggu penglihatan model dan cahaya yang telah diatur dengan baik agar hasil foto Anda juga terlihat bagus.

3. Hindari berteriak dan melambaikan tangan

Anda melihat teman Anda duduk diseberang Anda? Untuk menyapanya, Anda bisa mengirim pesan singkat pada mereka. Hindari berteriak dan melambaikan tangan karena itu tidak sopan. Ruangan pergelaran busana biasanya sehingga suara Anda yang kencang bisa terdengar keras oleh orang lain dan itu memalukan.

4. Duduk di tempat sesuai undangan

Semua orang tentu ingin duduk di barisan terdepan. Selain bisa melihat pergelaran busana tanpa terhalang penonton, itu juga bisa meningkatkan prestise Anda. Namun, jangan bersedih bagi yang mempunyai kesempatan duduk di barisan depan karena Anda tetap bisa menikmati acara. Dalam acara pergelaran busana, tempat duduk memang telah diatur oleh penyelenggara acara.

Biasanya, dalam undangan Anda tertulis atau terdapat kode untuk duduk di bagian tertentu. Duduklah pada tempat yang telah ditentukan oleh panitia dan jangan pernah duduk semau Anda karena sangat memalukan jika Anda ditegur oleh pihak penyelenggara.

Itulah beberapa etika menonton pergelaran busana. Sekarang, Anda bisa “membawa diri” dengan baik ketika menonton pergelaran busana. Anda tidak perlu khawatir jika tindakan Anda merugikan orang lain dan mempermalukan diri sendiri. Selamat bersenang-senang! (MN)

Comment di sini