Media China Rilis Daftar 10 Orang Terkaya di Indonesia

by
March 1st, 2013 at 4:32 pm

ciricara.com-hurun_reportJakarta (CiriCara.com) – Dunia sudah mengakui bahwa sebagian besar orang terkaya di dunia memang berasal dari benua Asia.

Menurut penelitian, jumlah miliuner di Asia bahkan mencapai 608 orang, jauh lebih banyak dari Amerika Utara yang memiliki 440 orang miliuner dan Eropa dengan 324 miliuner.

Dari ratusan orang miliuner dari Asia tersebut, ada beberapa orang Indonesia yang masuk ke dalamnya. Dilansir dari Detik.com melalui daftar yang dibuat oleh media China bernama Hurun Report, ada 10 orang Indonesia yang masuk dalam daftar orang terkaya dunia. Siapa saja?

10. Theodore Rachmat

Theodore Rachmat berada di peringkat ke 10 dalam daftar 10 orang terkaya di Indonesia versi Hurun. Lewat grup Adaro Energy, Theodore Rachmat memiliki kekayaan sampai USD 1 miliar atau Rp. 9,5 triliun.

9. Tahir

Tahir berada satu peringkat di atas Theodore Rachmat. Pria ini memiliki harta kekayaan hingga USD 1 miliar atau sekitar Rp 9,5 triliun lewat Mayapada dan perusahaan real estate yang dimilikinya.

8. Edwin Soeryadjaya

Edwin adalah pendiri Adaro Energy dan Saratoga. Menurut hitungan Hurun, Edwin memiliki kekayaan hingga USD 1,1 miliar atau sekitar Rp. 10,4 triliun.

7. Murdaya Poo

Murdaya memiliki kekayaan USD 1,4 miliar atau Rp. 13,3 triliun. Kekayaannya itu berasal dari bisnis di bidang investasi Central Cipta Murdaya.

6. Kiki Barki

Pria berumur 74 tahun ini adalah pemilik dari perusahaan Harum Energy. Kekayaan yang dimilikinya adalah USD 1,5 miliar atau Rp. 17,4 triliun.

5. Peter Sondakh

Peter adalah pemilik perusahaan Golden Energy Mines. Nilai kekayaan yang dimilikinya adalah sekitar USD 1,7 miliar atau sekitar Rp 16,2 triliun.

4. Low Tuck Kwong

Ia adalah pendiri perusahaan tambang batubara bernama Bayan Resources. Kekayaannya bernilai  USD 1,8 miliar atau sekitar Rp 17,1 triliun.

3. Achmad Hamami dan Keluarga

Melalui perusahaan investasi ABM Investama, Achmad Hamami dan keluarga memiliki kekayaan USD 2,1 miliar atau sekitar Rp 19,9 triliun. Kini ABM Investama berekspansi di bidang pertambangan khususnya batubara.

2. Chairul Tanjung

Chairul berada di posisi kedua dalam daftar 10 orang terkaya di Indonesia versi Hurun. Lewat perusahaan CT Corp, ia memiliki jumlah kekayaan USD 3 miliar atau Rp. 28,5 triliun dari perusahaan yang bergerak di bidang entertainment dan investasi itu.

1. Michael dan R. Budi Hartono

Dua orang bersaudara ini menempati posisi teratas dalam daftar 10 orang terkaya di Indonesua versi Hurun. Keduanya didapuk menjadi orang terkaya karena usaha inti Bank Central Asia (BCA) dan Djarum. Kekayaan mereka berdua mencapai USD 7,1 miliar atau Rp. 67, 4 triliun.

Itulah kesepuluh orang terkaya di Indonesia versi Hurun Report. Sebelum Hurun merilis daftar ini, majalah Forbes pernah merilis daftar 40 orang terkaya di Indonesia di tahun 2012 lalu. (RN)

Comment di sini