5 Custom ROM Terbaik untuk Samsung Galaxy S3

by
March 3rd, 2013 at 9:58 am

rom-cyanogen_600x450CiriCara.com – Setelah melakukan proses root pada Samsung Galaxy S3 Anda, kini saatnya memecutnya dengan menggunakan custom ROM.

Dengan menggunakan custom ROM yang tepat untuk smartphone Anda, performa perangkat Anda akan meningkat, baterai akan lebih hemat, dan tentu saja mudah untuk diubah suai.

Tertarik dengan custom ROM tapi masih bingung custom ROM apa yang paling cocok untuk Anda dan Galaxy S3 Anda? Berikut ini 5 custom ROM terbaik untuk Samsung Galaxy S3 menurut CNET.

Namun sebelum Anda memutuskan untuk memasang custom ROM tentu saja Anda harus melakukan root smartphone Samsung Galaxy S3 Anda. Jangan lupa backup data terlebih dahulu sebelum root. Langsung saja kita simak daftar 5 custom ROM terbaik untuk Samsung Galaxy S3 di bawah.

CyanogenMod

cyogenmod

CyanogenMod kini sudah sampai versi 10 dan tersedia untuk banyak model perangkat Android termasuk Samsung Galaxy S3. Sebagai salah satu custom ROM terpopuler, memang CyanogenMod menawarkan performa menawan, apalagi untuk Galaxy S3. ROM ini sangat stabil dan mampu mengeluarkan kemampuan asli Android Jelly Bean.

Tampilannya mirip dengan tampilan asli Jelly Bean pada Google Nexus 7, namun dengan lebih banyak pilihan untuk ubah suai seperti tema, OpenVPN, dan sebagainya. Secara keseluruhan custom ROM ini sangat nyaman digunakan dan membuat baterai cukup hemat, pemakaian normal(termasuk sedikit browsing) bisa mencapai 18 jam lebih.

Energy HD 2.0

energyhd

Energy HD 2.0 adalah salah satu jenis ROM yang menawarkan tampilan yang sederhana namun menitik beratkan pada performa dan ketahann baterai yang lebih baik. Dilihat dari tampilan mukanya, ROM ini terlihat kosong dengan membuang banyak aplikasi yang memberatkan performa Android. Namun sepertinya ROM ini terlalu membabi-buta dalam menghapus aplikasi karena ada beberapa aplikasi dan widget berguna terbuang. Tapi tentu saja Anda bisa menginstal kembali aplikasi yang Anda butuhkan.

ROM ini menyerap daya sangat kecil, dalam 18 jam pemakaian baterai hanya turun 44%. Hebatnya lagi performa perangkat akan meningkat dan semua terasa lebih cepat.

MIUI Rayglobe

rayband-miui

Salah satu ROM terpopuler yakni MIUI juga tersedia untuk Galaxy S3, menawarkan tampilan antarmuka yang sangat berbeda dengan antarmuka Android biasa. Ada laci guna menyimpan aplikasi membuatnya keseluruhan mirip dengan iOS. Tentu saja Anda bisa mengubah suai theme, widget, dsb sesuai keinginan Anda.

Versi Rayglobe ini hadir dengan proses penginstalan yang sangat mudah. Tinggal mengikuti langkah melalui ClockworkMod menggunakan fasilitas bantuan instal dan menggunakan layar sentuh kita bisa memilih aplikasi dari awal sehingga kita bisa menentukan ringan dan beratnya performa smartphone kita nantinya.

Liquid Smooth Jelly Bean Edition

liquid-screens

Berbasis Android Jelly Bean dengan sentuhan Liquid Smooth, ROM ini terlihat seperti vanilla Jelly Bean biasa. Namun kemampuan ubah suai yang hampir menyeluruh dan pengaturan aliran performa mesin membuat ROM ini patut dipertimbangkan. Jika Anda ingin mengubah suai lebih dalam, Anda bisa mulai dengan tampilan standar Android yang bisa Anda ubah sesuai dengan selera Anda. Mulai dari warna teks hingga optimasi prosesor.

Hawkish Premium ROM

hawkish-premium-lite

ROM ini menjanjikan performa, kecepatan dan stabilitas, seperti custom ROM yang lainnya, ROM Hawkish untuk Galaxy S3 ini menghapus banyak aplikasi bawaan Samsung. Secara performa ROM ini cukup cepat dengan basis Jelly Bean.

Penggunaan daya baterai juga lumayan efektif, bekerja berat selama 10 jam termasuk kegiatan telepon, berkirim pesan, browsing, dsb hanya membutuhkan sekitar 40% baterai. Seperti custom ROM yang lain, pilihan untuk ubah suai juga terbuka lebar untuk yang suka mengubah smartphone sesuai keinginan. Namun pengaturan bawaan juga sudah cantik dan cepat.

Masih banyak perkembangan untuk ROM Galaxy S3 yang dapat meningkatkan performanya di waktu ke depan. Nampaknya ROM terbaik akan segera datang seiring dengan bertambahnya ahli-ahli sistem Android. Sambil menunggu adakah dari custom ROM di atas yang membuat Anda tertarik? (LH)

Comment di sini