CiriCara: Cara Root Samsung Galaxy S3 Menggunakan Odin

by
March 3rd, 2013 at 9:20 am

Rooted-sgs3CiriCara.com – Bagi Anda pengguna smartphone Android unggulan Samsung, Samsung Galaxy S3 tentunya sangat puas dengan performa perangkat dengan prosesor quad-core ini.

Dengan spesifikasi kelas atas luar-dalam smartphone ini, penggunanya dimanjakan dengan layar tajam kaya warna, proses kerja aplikasi dan game maksimal, dan masih banyak lagi.

Namun tetap saja banyak orang masih belum puas bila belum memegang kuasa penuh atas perangkat ini alias ingin me-root-nya. Dengan root penggunanya bisa mengatur sistem lebih jauh ke dalam hingga bisa memasang custom ROM dan menginstal aplikasi-aplikasi canggih yang sebelumnya tidak bisa dilakukan.

Apabila Anda belum puas dengan performa Galaxy S3 Anda dan ingin me-root-nya, berikut ini ada cara root Samsung Galaxy S3 menggunakan Odin. Namun tentu hal ini ada risikonya dan yang paling parah adalah Galaxy S3 Anda bisa mati total. Bila Anda tetap mau melanjutkan, kami berpesan bahwa kami tidak bertanggung jawab bila ada kerusakan yang terjadi dengan perangkat Anda saat mengikuti panduan ini. Mari kita mulai.

1. Siapkan peralatan yang dibutuhkan

Siapkan software Samsung Kies dan pastikan seluruh driver ponsel ke komputer sudah ter-update. Jangan lupa juga backup data ponsel yang menurut Anda penting. Siapkan Odin 3 dan software root CF-Root-SGS3-v6.4.

2. Ekstrak

Ekstrak Odin 3 dengan WinRar atau aplikasi sejenis lalu ekstrak file CF-Root archive. Kemungkinan Anda akan menemukan  file dengan format .TAR yang membuat komputer bingung untuk menampilkannya. Bila Anda menemukan file ini ulangi ekstrak. Buka “Control Panel” lalu “Folder Options” dan hapus centang di “Hide extensions for known file types” yang berada di tabView” dan klik “Apply”. Letakkan file .TAR di tempat yang mudah ditemukan.

cf-root-tar

folder-options

3. Loading Odin

Jalankan Odin, Anda akan melihat seluruh kotak dan jendela dalam keadaan kosong. Klik tombol PDA di kotak Files [Download] yang terletak di kuadran bawah-kanan. Jendela baru akan muncul, cari file CF-Root-SGS3-v6.4 .TAR yang Anda ekstrak tadi dan load.

odin-added

4. Atur perangkat ke mode download

Mengatur perangkat S3 Anda ke download mode agar file yang dibutuhkan langsung bisa masuk dan berjalan di perangkat Anda. Matikan perangkat Anda dan tunggu hingga benar-benar mati. Setelah itu tekan dan tahan tombol volume turun, tombol home dan tombol on/off. Dalam beberapa detik akan muncul pilihan apakah Anda ingin masuk ke mode download. Tekan tombol volume naik untuk masuk ke mode download.

5. Jalankan proses root

Saat perangkat Anda sedang dalam mode download, sambungkan ke komputer dan Anda akan melihat kata “Added” dalam kotak pesan di kuadran bawah-kiri. Pastikan kotak “Auto Reboot” dan “Reset Time” sudah dicentang. Sekarang ambil nafas dalam-dalam dan klik “Start”. Odin akan memulai langkah-langkah root dan akan menampilkan pesan “Pass” saat root selesai. Jika proses root tidak berjalan maka ulangi lagi dari step 4.

odin-pda

Ketika perangkat Anda restart untuk terakhir kali maka pertanda bahwa proses root sudah selesai. Kini Samsung Galaxy S3 Anda sudah ter-root dan saatnya Anda menjelajahi dunia root. Banyak hal yang bisa Anda lakukan menggunakan perangkat Android yang sudah di-root. Anda bisa mencarinya di forum dan situs-situs penggila Android. Selamat mencoba. (LH)

Comment di sini