4 Aplikasi untuk Menyembunyikan File di Smartphone Android

by

6350264286_98a986853a_bCiriCara.com – Beberapa dari kita pengguna ponsel pasti memiliki video atau foto yang sifatnya pribadi dan tidak ingin orang lain dapat mengaksesnya. Foto-foto yang bersifat pribadi memang harus disembunyikan dari orang lain.

Bila Anda pengguna smartphone Android ada banyak aplikasi yang dapat membantu Anda menyembunyikan barang-barang ini. Bahkan bukan hanya foto dan video, ada aplikasi yang bisa menyembunyikan semua jenis file termasuk file SMS dan kontak.

Metode pengunciannya pun berbagai macam, ada yang terbungkus dengan aplikasi lain, ada yang tersembunyi, dan bahkan ada yang menggunakan password palsu dan enkripsi. Berikut ini ada 4 aplikasi yang berguna untuk menyembunyikan file di smartphone Android:

1. Vaulty

Vaulty

Aplikasi Vaulty  ini adalah satu aplikasi hide yang paling terkenal karena penggunaannya cukup mudah. Tinggal jalankan saja aplikasi ini lalu pilih file yang akan disembunyikan atau pilih file lewat Gallery lalu pilih “Share” dan pilih “Vaulty”. Foto atau video yang ingin kita sembunyikan akan tersimpan di dalam brankas dengan PIN atau password.

Brankas ini sangat aman, bahkan, file-file yang sudah di dalam Vaulty pun tidak dapat diakses dari file manager. Aplikasi ini tidak berbayar alias gratis, namun untuk pengaman maksimal Anda bisa membeli yang versi berbayar dengan tambahan tampilan layar aplikasi palsu.

2.Hide it Pro

Hide_It_Pro

Anda bisa menyimpan dengan aman file-file yang ingin Anda sembunyikan dengan aplikasi ini. Aplikasi ini bisa menyembunyikan foto, video, aplikasi, pesan, bahkan log telepon. Dengan tampilan aplikasi palsu Audio Manager di muka, file dapat aman tersembunyi serta menghilangkan kecurigaan. Canggihnya lagi aplikasi palsu Audio Manager ini dapat berjalan dan benar-benar berfungsi sebagai pengatur audio.

Cara mengakses file-file yang ada di dalam brankas, Anda cukup menekan dan tahan logo Audio Manager dan masukkan PIN atau password. Berita yang paling membahagiakan adalah aplikasi ini gratis tak berbayar.

3. KeepSafe

Keep_Safe

Satu lagi aplikasi yang akan membantu Anda untuk menyembunyikan foto dan video di dalam galeri yang dikunci dengan PIN. Di dalam aplikasinya pun Anda dapat melihat, zoom, dsb file-file yang Anda sembunyikan. Caranya pun cukup mudah yakni memilih file dan pilih “Share” lalu pilih aplikasi ini.

Data yang disimpan dalam aplikasi ini tidak terenkripsi, namun Anda bisa membuat PIN palsu yang akan mengarahkan kita ke galeri lain yang aman.  Aplikasi ini juga memiliki fitur Safe Send di mana bisa digunakan untuk mengirim foto dengan waktu yang terbatas. Aplikasi ini memang bukan yang paling aman tapi cukup aman untuk keperluan sehari-hari dan tidak lupa, gratis.

4. Vault-Hide

Vault-Hide

Aplikasi ini adalah aplikasi yang sangat lengkap dan cocok untuk Anda yang membutuhkan keamanan tingkat tinggi. Aplikasi ini dapat digunakan untuk menyembunyikan foto dan video dengan metode enkripsi yang juga disimpan di dalam brankas. Aplikasi ini juga dapat menyembunyikan kontak, pesan teks, dan log telepon. Canggihnya lagi jika Anda mendaftarkan sebuah nomor telepon atau kontak, jejak telepon dan pesan teks dari nomer tersebut tidak akan tampil di dalam folder sms ataupun call log.

Jika ingin lebih maksimal, Anda bisa meng-upgrade-nya ke versi yang berbayar, di mana kita diberikan brankas online, fasilitas mendokumentasi siapa yang mencoba membuka brankas kita, serta mode stealth di mana aplikasi itu akan tersembunyi .

Aplikasi- aplikasi Android ini berfungsi untuk menyembunyikan file-file dari orang-orang yang iseng. Namun mungkin untuk seorang yang ahli, aplikasi ini pun bisa dibongkar. Jadi cara pertama yang paling aman adalah jangan membiarkan smartphone Anda jatuh ke tangan yang salah.

Belum seluruh aplikasi ini sempurna, kadang masih ada kesalahan-kesalahan kecil, namun bisa juga terjadi kesalahan yang bisa mengancam data Anda. Pastikan Anda selalu melakukan backup data secara berkala dan simpan di dalam folder yang juga terkunci. (LH)


comments powered by Disqus