BlackBerry Tegaskan Tidak Istimewakan Telkomsel

by
March 4th, 2013 at 3:27 pm

telkomsel-bb-130122cJakarta (CiriCara.com) – Setelah kemarin dikabarkan bahwa BlackBerry memberikan hak eksklusif pada operator seluler Telkomsel dalam menjual BlackBerry Z10, kini secara resmi pihak BlackBerry Indonesia menyangkal berita tersebut. Yolanda Nainggolan selalu Public Relation BlackBerry Indonesia menyampaikan bahwa “Kita kerjasama dengan semua operator seluler. Dan operator seluler akan mengumumkan program untuk BlackBerry 10 setelah kami merilis BlackBerry Z10 tanggal 4 Maret.”

Seperti dilansir oleh Kompas.com, Yolanda mengatakan bahwa isu di mana pihak BlackBerry memberikan hak eksklusif kepada Telkomsel terkait dengan penjualan Blackberry Z10 adalah tidak benar. Semua operator seluler Indonesia boleh menawarkan BlackBerry Z10.

Namun isu ini tidak datang tanpa sebab, Telkomsel sendiri sebelum kabar burung ini tersebar pun memberi sinyal bahwa pihaknya sedikit diberi keistimewaan. Arief Pradetya, Division Head Device Bundling and Customization Strategy Telkomsel mengatakan “Tidak eksklusif dalam artian operator lain tidak bisa jual atau bundling BlackBerry Z10, karena tidak mungkin BlackBerry ingin kehilangan sebagian pasarnya di Indonesia. Tetapi pasti lebih banyak untungnya jadi pelanggan Telkomsel,” ujarnya.

Rencananya BlackBerry Z10 akan dibanderol dengan harga Rp. 6.999.000 oleh Telkomsel. Selain Telkomsel, Indosat, XL Axiata, dan Axis juga siap mendukung penjualan produk BlackBerry dengan sistem operasi terbaru BlackBerry 10 ini. Sistem operasi yang benar benar baru dan berbeda dengan versi-versi sebelumnya ini dirancang dengan program (kernel) QNX yang berbeda sistem sehingga tidak bisa digunakan pada smartphone BlackBerry sebelumnya.

Bahkan cara kita menikmati layanan BlackBerry pun berbeda, biasanya di versi-versi lawas kita harus mendaftar BlackBerry Internet Service (BIS), kini di versi BlackBerry 10 hal ini tidak diperlukan lagi. Pengguna cukup berlanggan paket internet biasa saja untuk bisa BBM, e-mail, browsing, jejaring sosial, dan sebagainya. (LH)

Comment di sini