CiriCara: Cara Ampuh Hadapi Atasan yang Genit

by
March 4th, 2013 at 4:55 pm

atasan bersikap genitCiriCara.com – Gaya kepemimpinan seseorang saat di kantor itu berbeda-beda. Ada atasan yang selalu bersikap tegas pada bawahannya dan ada juga yang sangat peduli kepada bawahannya. Namun, sikap peduli yang ditunjukkannya itu terkadang membuat bawahannya merasa kurang nyaman.

Bagaimana tidak? Si bos selalu memandang mata Anda, bahkan seringkali mengajak makan malam. Ajakan yang ditawarkannya itu padahal sudah berkali-kali Anda tolak. Lalu, apakah Anda memiliki seorang atasan yang bersikap seperti itu? Jika iya, maka jangan buru-buru keluar dari kantor tersebut.

Ada cara ampuh untuk menghadapi sikapnya itu. Dilansir Idiva.com, berikut cara ampuh hadapi atasan yang genit:

1. Menjaga jarak

Apakah sikap yang ditunjukkan  atasan membuat Anda merasa kurang nyaman? Jika iya, maka lebih baik Anda menjaga jarak dengannya. Selain itu, Anda juga harus memberikan sinyal kalau tidak suka dengan perbuatan yang dilakukannya.

bos genit

2. Memperlihatkan bahasa tubuh

Anda bisa menggunakan bahasa tubuh yang menunjukkan kalau tidak suka dengan perbuatan yang dilakukannya itu. Ekspresi wajah, gerakan tangan, dan reaksi non-verbal lainnya merupakan cara untuk mengontrol sikap bos terhadap Anda.

3. Mengenalkan pacar kepadanya

Jika Anda sudah menunjukkan sinyal-sinyal penolakan kepadanya, maka coba cara yang satu ini yaitu mengenalkan si pacar kepadanya. Tunjukkan kepadanya bahwa Anda sudah ada yang punya dan tidak tertarik dengannya. Salah satu cara ini mungkin bisa Anda gunakan agar si atasan tidak bersikap genit lagi.

4. Melapor

Anda sudah menunjukkan sinyal-sinyal kalau tak suka dengannya, tapi si atasan tetap saja genit. Jika sudah begitu, maka Anda disarankan untuk segera melapor kepada HRD. Ceritakan kepadanya mengenai sikap yang ditunjukkan atasan kepada Anda. Bila perlu, tunjukkan bukti agar tak dituduh menyebar fitnah.

5. Tetap profesional

Meskipun tak menyukai sikap si atasan, namun Anda harus tetap profesional dalam bekerja. Jangan mengabaikan pekerjaan demi menjaga reputasi di tempat kerja.

Itulah cara ampuh hadapi atasan yang genit. Apakah Anda pernah mendapati kasus seperti itu? Lalu, apa yang Anda lakukan? (NR)

Comment di sini