CiriCara: Ciri-ciri Penyakit Akibat Bakteri dan Virus

by

penyakit akibat virus dan bakteriCiriCara.comPenyakit yang datang menghampiri tubuh manusia itu bisa disebabkan karena bakteri dan virus. Penyakit yang disebakan oleh bakteri, antara lain tifus, diare, disentri, TBC, dan lain sebagainya. Sementara penyakit yang disebabkan oleh virus, antara lain HIV, hepatitis, influenza, demam berdarah, cacar air, dan lain sebagainya.

Bakteri merupakan organisme hidup yang mudah ditemukan di mana saja. Tanpa disadari, hidup kita sehari-hari tidak pernah luput dari incaran mikroorganisme yang tidak terlihat oleh mata telanjang. Beberapa jenis memang tidak berbahaya, tapi jenis yang lain bisa mengancam kesehatan jika masuk ke dalam tubuh manusia.

Berikut ciri-ciri penyakit yang disebabkan oleh bakteri:

1. Demam gradual

Suhu tubuh akan naik turun pada minggu pertama. Pada minggu kedua suhu tubuh tinggi, tapi stabil.

2. Kecepatan nadi

Saat tubuh kemasukan bakteri, kecepatan nadi seseorang akan melambat saat suhu tubuh meningkat.

influenza

3. Terdapat gejala lain

Bakteri yang masuk ke dalam tubuh juga bisa membuat seseorang mengalami gejala, seperti diare, batuk, dan pilek.

Itulah ciri penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Untuk mencegahnya, Anda disarankan agar selalu meningkatkan daya tahan tubuh, memberikan vaksinasi, dan meningkatkan kebersihan di sekitar rumah dan lingkungan lainnya.

Sementara virus merupakan parasit sejati dan memiliki ukuran 10 hingga 100 kali lebih kecil dari bakteri. Virus tidak bisa hidup di luar organisme hidup. Tubuhnya hanya terdiri dari seluruh protein dan isi yang terdiri dari DNA atau RNA saja. Berikut ciri-ciri penyakit yang disebabkan oleh virus:

1. Demam tinggi

Demam tinggi hingga 39 derajat Celcius tanpa disertai gejala-gejala lain, seperti batuk dan pilek.

2. Denyut nadi berdetak kencang

Seseorang yang tekena virus, nadinya akan berdetak kencang.

3. Ada ruam kemerahan

Ruam kemerahan ini biasanya ada pada seseorang yang terkena penyakit demam berdarah dan campak.

Penyakit yang disebabkan oleh virus bisa dicegah dengan vaksinasi. Vaksin merupakan bibit penyakit yang telah dilumpuhkan dan dikemas dalam cairan, kemudian disuntikkan. Vaksin akan menstimulasi tubuh membentuk antibodi.

Itulah ciri-ciri penyakit akibat bakteri dan virus. Agar tubuh terhindar dari serangan virus dan bakteri, Anda disarankan agar selalu meningkatkan kekebalan tubuh dengan cara selalu mengonsumsi makanan sehat, meminum air putih 2 liter per harinya, serta rajin berolahraga. Dengan begitu, Anda tidak akan mudah terkena berbagai penyakit. (NR)


comments powered by Disqus