CiriCara: Cara Ampuh Menyembuhkan Suara Serak

by
March 5th, 2013 at 11:29 am

suara serakCiriCara.com - Suara serak bukan hanya membuat tersiksa diri sendiri karena sulit berbicara dengan jelas, tapi juga menyusahkan orang lain yang mendengar. Suara serak merupakan perubahan mutu suara menjadi kasar dan lemah atau pelan, bahkan hilang. Namun, ada yang mengatakan bahwa suara serak itu seksi.

Serak seksi itu jika dimilki oleh seseorang secara alami. Tapi, jika tidak nampaknya cukup mengganggu aktivitas yang dilakukan. Suara serak yang bukan alami itu bisa terjadi karena iritasi dan cedera pada pita suara atau laringitis akut atau peradangan pita suara yang disebabkan oleh infeksi saluran pernapasan, penggunaan berlebihan suara, seperti berteriak dan menyanyi lagu nada tinggi.

Jika suara serak yang dimiliki tak kunjung hilang, maka cobalah lakukan beberapa cara berikut ini:

1. Memilih-milih makanan

Pada saat suara serak, Anda harus cerdas memilih makanan untuk dikonsumsi. Jangan mengonsumsi makanan pedas atau asam karena bisa merusak suara atau serak tak kunjung sembuh. Hal tersebut dikarenakan perut mencoba untuk mencerna dan gas yang diproduksi berjalan ke trakea dan lipatan pita suara sehingga suara terdengar serak.

2. Tidak berteriak

Berteriak bisa memberikan tekanan berlebih pada lipatan pita suara serta menegangkan pita suara. Untuk itu, cobalah berbicara dengan suara normal agar tidak memperburuk kondisi dan berhematlah dalam berbicara.

menghirup uap panas

3. Meminum air putih hangat

Saat suara serak, sebaiknya Anda mengonsumsi air hangat saja. Jika tetap mengonsumsi air dingin, maka suara tak kunjung sembuh atau mungkin semakin parah.

4. Mengonsumsi ramuan tradisional

Saat suara serak, mengonsumsi ramuan tradisional terbukti ampuh. Misalnya, meminum ramuan rebusan daun sirih dan air, lalu ditambahkan dengan gula batu. Selain itu, jeruk nipis juga bisa mengobati suara serak. Caranya yaitu mencampurkan perasan jeruk nipis dengan dua tetes kecap asin.

5. Menghirup uap panas

Uap panas bisa mengurangi peradangan pita suara dan mengencerkan lendir. Dengan begitu akan memperingan suara serak yang dirasa.

6. Jangan merokok dan meminum minuman beralkohol

Sebagian besar perokok rentan mengalami suara serak. Hal ini kemungkinan terjadi karena ada zat-zat dari asap rokok yang masuk ke saluran pernapasan sehingga mengiritasi dan memicu suara serak. Untuk itu, alangkah baiknya untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut agar suara serak bisa kembali normal.

Itulah cara ampuh menyembuhkan suara serak. Suara serak jika dibiarkan begitu saja tentunya akan mengganggu aktivitas yang dijalani. Anda tak bisa leluasa saat berbicara dan merasa kurang nyaman. Untuk itu, coba atasi dengan cara di atas agar suara serak bisa sembuh. (NR)