CiriCara: Cara Cerdas Hadapi Adik Ipar yang Manja

by
March 5th, 2013 at 2:38 pm

CiriCara.com – Saat sudah menikah dengan orang yang dicintai, Anda bukan hanya berhadapan dengan orangtua pasangan tapi juga dengan adik pasangan. Tak jarang, seseorang memiliki masalah dengan adik pasangan atau adik ipar karena perbuatannya yang terkadang menjengkelkan.

Thinkstockphoto

Thinkstockphotos

Namun, Anda harus tetap menciptakan hubungan yang baik dengan keluarga pasanga. Hubungan yang baik itu tentunya juga akan berdampak pada hubungan Anda dan si pasangan.

Jadi, jika si adik ipar bersikap manja atau menyebalkan dan cukup mengganggu kehidupan keluarga, maka Anda harus tetap bersikap tenang saat menghadapinya.

Dilansir Boldsky.com, berikut cara cerdas hadapi adik ipar yang manja:

1. Mencari tahu penyebabnya

Di awal pernikahan, sebagian besar pasangan akan merasa kesulitan untuk memahami keluarga baru mereka. Namun, Anda harus bisa mengatasi situasi tersebut dengan cara yang cermat dan matang. Cobalah cermati bagaimana sikap mertua dan anggota keluarga si pasangan. Dengan mengetahui sikap-sikap mereka, tentunya Anda akan bisa mengetahui cara menghadapinya. Begitu pula dengan adik ipar yang manja, Anda juga harus mencari tahu dulu penyebab sikapnya itu.

2. Menghadapinya dengan sabar

Konflik yang terjadi antara Anda dan adik ipar itu harus segera diselesaikan dengan cara yang baik. Jika adik ipar masih saja bersikap yang tidak mengenakan hati, maka Anda harus lebih sabar menghadapinya lagi. Pastikan Anda tak menyimpan dendam apapun kepadanya demi keharmonisan keluarga.

bicara pada suami

3. Memberikan perhatian dan kasih sayang

Untuk mengambil hatinya, Anda bisa menunjukkan perhatian dan kasih sayang kepada adik ipar. Anda harus menjalin komunikasi yang lebih intens lagi dengannya agar terhindar dari berbagai macam konflik. Selain itu, memberikan kasih sayang kepadanya juga bisa membuat Anda jadi lebih dihargai.

4. Berbicara pada pasangan

Jika Anda tak juga bisa mengatasi adik ipar yang manja itu, maka coba berceritalah pada pasangan. Ajak suami berdiskusi untuk mengatasi masalah Anda dan adiknya. Dengan melibatkan pasangan, mungkin permasalahan Anda dengan adik ipar akan mudah diselesaikan.

5. Langsung mengatakan pada adik ipar

Jika Anda sudah menggunakan cara tersebut tapi tak kunjung selesai, maka cobalah cara yang satu ini yaitu langsung menyelesaikannya dengan adik ipar. Coba tanyakan padanya apa yang membuatnya merasa tidak nyaman mengenai hubungan Anda dan kakaknya. Selain itu, tanyakan juga mengapa si dia masih saja terlalu bergantung pada kakaknya sementara kakaknya sudah menikah. Dengan begitu, adik ipar mungkin akan mau menceritakan dan Anda bisa mencari solusi terbaik demi keharmonisan keluarga.

Itulah cara cerdas menghadapi adik ipar yang manja. Saat menghadapi adik ipar yang bersikap seperti itu, Anda disarankan agar lebih bersabar dan tidak emosi. Jangan membuat permasalahan itu menjadi tambah rumit. Bagaimanapun juga dia merupakan adik kandung dari pasangan dan Anda harus bisa berhubungan baik dengannya. (NR)

Comment di sini