CiriCara: Cara Menentukan Kebutuhan Air dalam Sehari

by
March 5th, 2013 at 4:01 pm

minum airCiriCara.com – Adakah batas konsumsi air setiap hari?

Menurut dr. Mike Roussell dari Shape.com, tidak ada batasan tertentu untuk mengonsumsi air setiap hari. Namun, ada ketentuan yang disebut Adequate Intake (AI) atau asupan yang dianggap cukup bagi manusia.

AI air bagi wanita adalah 2,2 liter per hari. Sedangkan untuk pria adalah 3 liter per hari. AI ini berlaku untuk Amerika Serikat, meskipun tidak ada dasar ilmiah yang kuat dalam penentuannya. Demikian juga dengan teori 8 gelas air per hari.

Dokter Roussel menyebutkan kebutuhan air setiap orang berbeda-beda, tergantung fisiologi dan aktivitas masing-masing, juga lokasi tempat tinggal dan tingkat kepanasannya. Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan seberapa banyak kebutuhan air untuk tiap orang dalam sehari:

1. Jangan sampai kehausan

Rasa haus adalah respon tubuh yang sangat penting, jangan pernah mengabaikannya. Dokter Roussel selalu bilang ke kliennya, kalau mereka merasa amat haus, maka terlambat sudah. Riset yang dilakukan pada tahun 1960-an menunjukkan bahwa orang-orang cenderung meremehkan jumlah cairan di tubuh yang perlu direhidrasi. Jadi, jika Anda haus segeralah minum air.

2. Jangan sampai kembung

Trik lama menyebutkan kita bisa merasa kenyang walau hanya makan sedikit jika minum banyak air sebelum menyantap makanan. Ini salah. Sebaliknya, jangan pernah minum terlalu banyak air sampai-sampai perut terasa penuh atau kembung. Rasa kembung ini justru berbahaya bagi tubuh. Air bisa menjadi racun jika dalam waktu yang singkat dikonsumsi dalam jumlah banyak. Ginjal lebih mampu menangani penyaringan jika air diminum secara bertahap sepanjang hari.

3. Kopi juga termasuk air

Kopi lebih dikenal karena kandungan kafeinnya, namun minuman favorit banyak pembaca buku di dunia ini juga termasuk cairan. Jadi, jika Anda sudah meminum 3 cangkir kopi dalam sehari, jangan memaksakan minum air terlampau banyak lagi dengan alasan kopi tidak termasuk kategori air. Hal ini berlaku juga dengan teh dan susu.

Simak tips kesehatan lainnya di sini.

(hp)

Huffington Post

Comment di sini