CiriCara: Cara Menjadi Bos Idaman Karyawan

by
March 5th, 2013 at 3:43 pm

bos yang idealCiriCara.com – Memiliki bos yang baik tentu menjadi idaman setiap karyawan. Menjadi seorang atasan yang baik bukan hanya menguntungkan karyawan saja, tapi juga diri Anda sendiri.

Karyawan biasanya akan lebih menghargai dan merasa senang jika memiliki seorang bos yang ideal dan mau mengerti karyawannya. Bos yang ideal bukan hanya bersikap baik, tapi juga mau menghargai pekerjaan yang dilakukan karyawannya.

Dilansir Sheknows.com, berikut cara menjadi bos idaman karyawan:

1. Percaya pada karyawannya

Jika ingin disukai dengan karyawan, maka jangan menjadi bos yang pekerjaannya memata-matai saja. Seorang bos yang ideal harus bisa percaya kepada bawahannya. Jika ada kesalahan yang dibuat oleh bawahannya, maka Anda baru bisa menegurnya. Ketahuilah bahwa terlalu ketat memperhatikan gerak-gerik karyawan hanya akan membuatnya merasa tidak nyaman.

2. Selalu hadir di kantor

bos yang baik

Shutterstock

Para karyawan biasanya akan bertanya-tanya ke mana bosnya pergi jika tak ada di kantor atau tak hadir dalam rapat. Untuk itu, sebisa mungkin Anda sebagai seorang bos harus selalu ada untuk karyawannya. Jika memang tak bisa datang ke kantor, maka jangan lupa untuk memberitahu karyawan lainnya. Bukan hanya karyawan saja yang harus melapor jika tak masuk bekerja, namun bos juga harus melakukan hal tersebut.

3. Menjalin hubungan baik dengan karyawan

Agar menjadi bos yang disukai karyawan, Anda harus menjalin hubungan yang baik dengan mereka. Bertemanlah dan coba sesekali bergabung dengan mereka pada saat makan siang. Jangan malas berbasa-basi tentang kehidupan karyawan di luar tempat kerja. Cobalah mengenali setiap karyawan agar mereka jadi lebih menghargai Anda.

4. Mau menerima masukan

Salah satu kualitas terbaik seorang bos adalah mau menerima segala kritik dan saran dari karyawannya. Jika Anda ingin menjadi bos yang ideal dan disukai karyawan, maka jangan ragu untuk meminta kritik dan saran dari para karyawan. Kritik dan saran dari mereka bisa Anda jadikan sebagai masukan untuk perusahaan agar lebih maju lagi.

5. Mengucapkan terima kasih

Jika karyawan menunjukkan peningkatan kerja, maka tak ada salahnya ada mengucapkan terima kasih atau memberikan penghargaan kepada mereka. Anda bisa mengajak mereka makan sian di luar atau membawakan makanan ringan, seperti donat, kopi, dan makanan atau minuman lainnya. Dengan begitu suasana kantor akan lebih terasa menyenangkan dan karyawan jadi lebih menghargai Anda.

Itulah cara menjadi bos idaman karyawan. Walaupun seorang bos atau atasan memiliki hak untuk memerintah, namun biasanya karyawan akan menganggapnya bossy jika hanya sampai pada memberi perintah saja. Agar tak dianggap seperti itu, maka jadilah sosok bos yang menyenangkan dan menjadi idaman para karyawan dengan melakukan cara di atas. (NR)

Comment di sini