CiriCara: Cara Mudah Root Samsung Galaxy Y

by
March 5th, 2013 at 10:12 am

galaxy-y-GT-S5360-img01CiriCara.comSamsung dikenal karena meluncurkan smartphone Android untuk segala segmen, dari yang kelas atas sampai kelas bawah sehingga setiap orang bisa menikmati Android sesuai dengan kemampuan kocek. Salah satu Android Samsung yang harganya terjangkau adalah Samsung Galaxy Y.

Murah bukan berarti murahan apalagi ponsel ini produk Samsung. Walau murah, Galaxy Y tetap menghadirkan fitur-fitur yang menyenangkan dan berguna bagi penggunanya. Galaxy Y berjalan dengan Android versi 2.3 Gingerbread namun bisa juga dipasang custom ROM yang bisa memaksimalkan performa Galaxy Y.

Namun sebelum memasang custom ROM tentunya kita lebih dulu harus root perangkatnya. Bila Anda pengguna Galaxy Y dan tertarik untuk memasang custom ROM, berikut ini cara mudah root Samsung Galaxy Y.

Sebelum melanjutkan ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan. Pastikan baterai penuh atau paling tidak di atas 60%, backup data smartphone. Matikan antivirus, firewall, dan Samsung KIES. Nyalakan USB debugging pada perangkat Anda dengan cara menuju ke Settings>Applications>Development>USB Debugging. Yang terakhir pastikan bahwa perangkat Android Anda adalah Galaxy Y dengan seri GT-S5360.

Walau proses root ini cukup aman tapi pasti selalu ada risiko. Maka dari itu pastikan Anda melakukan ini atas tanggung jawab diri sendiri. Mari kita mulai:

1. Pertama, unduh paket root Samsung Galaxy Y S5360

2. Lalu, sambungkan Galaxy Y Anda ke komputer

3. Salin file root yang sudah Anda download ke dalam smartphone Anda

4. Selanjutnya cabut smartphone dari komputer

5. Matikan smartphone Anda

6. Tekan dan tahan tombol volume atas+tombol Home sambil menekan tombol power untuk menyalakan smartphone.

7. Sorot pilihan “install zip from sd card” dengan menekan tombol volume dan tekan tombol power untuk memilihnya.

8. Selanjutnya cari dan eksekusi paket root yang tadi sudah dimasukkan ke smartphone dan proses root akan berjalan.

9. Setelah proses root selesai perangkat Anda akan restart secara otomatis. Setelah selesai restart, Galaxy Y Anda sudah resmi ter-root.

10. Unduh BusyBox APK

11. Sambungkan lagi perangkat Anda ke komputer

12. Masukkan apk BusyBox yang sudah Anda download tadi ke kartu memori eksternal smartphone

13. Instal BusyBox pada perangkat Anda

14. Sekarang cabut perangkat Anda dari komputer

15. Matikan smartphone Anda dan masuk ke dalam mode recovery

16. Pilih “Wipe data/factory reset

17. Pilih “Wipe Cache Patition

18. kembali ke menu utama dan pilih “Reboot system now

Setelah restart selesai kini Anda dapat menggunakan smartphone Galaxy Y Anda dengan bebas. Anda bisa instal aplikasi-aplikasi seru yang sebelumnya tidak bisa diinstal dan tentunya Anda bisa memasang custom ROM untuk menambah performa smartphone Galaxy Y Anda. (LH)

Comment di sini