CiriCara: Cara Tepat Menjalin Komunikasi dengan Anak

by
March 5th, 2013 at 1:25 pm

menemani anakCiriCara.com – Menjalin komunikasi yang baik dalam sebuah keluarga itu sangat diperlukan. Komunikasi merupakan suatu hal yang melatarbelakangi erat atau tidaknya hubungan sebuah keluarga. Jika komunikasi yang terjalin antara anggota keluarga yang satu dan yang lainnya cukup baik, maka kehidupan keluarga akan terasa menyenangkan.

Selain itu, dengan adanya komuniksi yang baik juga bisa menyemangati si anak dan tidak membuatnya menjadi stres. Sebagai orangtua, Anda harus bisa menjalin komunikasi yang baik dengan si anak.

Dilansir Boldsky.com, berikut cara tepat menjalin komunikasi dengan anak:

1. Mendengarkan anak

Anda bisa menanyakan kepada si anak apa yang terjadi di sekolah. Namun, saat mendengarkan si anak bebicara jangan malah beralih ke televisi, koran, atau ponsel. Anda harus bisa mendengarkan si anak. Bila perlu, berikan tanggapan Anda mengenai hal yang diceritakannya tersebut.

2. Membimbing anak

Saat si anak sedang menonton televisi atau memainkan akun jejaring sosialnya, sebisa mungkin Anda harus berada di sampingnya. Sebagai orangtua yang baik, Anda harus bisa membimbingnya dan memberikan pengetahuan mengenai cara menggunakan internet yang baik.

3. Menghargai prestasi anak

Anda juga disarankan agar menghargai prestasi yang didapat si anak. Misalnya, si anak memenangkan pertandingan di sekolahnya. Anda harus bisa menghargainya dengan cara memberikannya selamat atau membuatkan makan malam kesukaannya. Dengan begitu, si anak akan merasa senang dan lebih termotivasi lagi untuk melakukan hal baik.

Corbisimages

Corbisimages

4. Memberikan waktu anak untuk menjawab

Anak-anak mungkin memerlukan waktu beberapa saat untuk memproses dan memahami apa yang dikatakan orangtuanya. Untuk itu, Anda harus memberikan si anak waktu agar bisa menjawab apa yang Anda tanyakan.

5. Tak menggunakan kata-kata yang rumit

Saat berbicara pada si anak, jangan menggunakan kata-kata yang rumit. Pilihlah kalimat yang mudah dicerna oleh si anak. Dengan begitu, si anak tidak akan bingung dan cepat tangkap apa yang Anda katakan.

6. Mengajak berdiskusi

Berdiskusi dengan anak bisa membuatnya merasa dihargai. Untuk itu, tak ada salahnya Anda mendiskusikan sesuatu dengan anak. Misalnya, mendiskusikan pelajaran di sekolahnya, masalah keluarga, dan lain sebagainya.

7. Sabar menghadapinya

Meskipun si anak nakal, namun Anda harus sabar menghadapinya. Menanggapi sesuatu dengan sabar merupakan cara terbaik untuk berkomunikasi dengan mereka. Dengan begitu, si anak juga akan lebih merasa nyaman berada di samping orangtuanya.

8. Mengatakan sesuatu dengan cara yang positif

Anda mungkin sering menggunakan intonasi tinggi saat mengajarkan sesuatu pada anak. Namun, kebiasaan itu sebaiknya dihilangkan saja karena bisa membuat si anak merasa ketakutan dan tidak percaya diri. Anda bisa mengganti kata-kata itu dengan kalimat yang lebih positif. Misalnya berkata, “Kalau meletakkan tas di sini kan jadi lebih rapi, nak.”

Itulah cara tepat menjalin komunikasi dengan anak. Bagaimanapun juga, komunikasi yang baik itu harus terjalin dengan baik dalam sebuah keluarga. Tujuannya adalah agar setiap anggota kelurarga merasa nyaman dan tak ada kesalahpahaman. (NR)

Comment di sini