Hacker Situs SBY Direkrut Jadi Staf Cyber Crime?

by
March 5th, 2013 at 1:58 pm

Hacker Situs SBYJember (CiriCara.com) – Wildan Yani Anshari, tersangka peretas atau hacker yang menjebol situs Presiden SBY kabarnya akan direkrut oleh Mabes Polri. Kemampuan yang dimiliki Wildan dinilai bisa bermanfaat untuk meningkatkan keamanan situs pemerintah.

Menurut ayah Wildan, Ali Jakfar, kabar tersebut disampaikan oleh Komisaris Besar Polisi Winston Tommy Watuliu, Kepala Sub-Direktur IT dan Cyber Crime Mabes Polri. Wildan sendiri saat ini masih berada di Mabes Polri.

Menurut Ali Jakfar, anaknya akan diikutsertakan dalam pendidikan khusus bidang teknologi informasi. “Wildan katanya akan direkrut polisi dan disekolahkan lagi,” ujarnya, seperti dikutip dari Tempo.co, Selasa (5/3/2013).

Rencananya, Wildan akan direkrut menjadi staf tim Cyber Crime Mabes Polri. Nantinya, Wildan bertugas untuk membantu tim Mabes Polri dalam melacak kejahatan-kejahatan yang terjadi di dunia cyber atau internet.

Mengenai kabar tersebut, Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Badan Reserse dan Kriminal Kepolisian RI Brigadir Jenderal Arif Sulistyo pun membenarkannya. Menurutnya, kemampuan yang dimiliki Wildan bisa bermanfaat untuk membantu Mabes Polri.

Perekrutan hacker Wildan ini bertujuan untuk pembinaan dan pengarahan agar kemampuannya bisa dimanfaatkan untuk hal yang positif. “Supaya kegiatannya positif dan mendukung pengamanan cyber space di Indonesia,” kata Arif.

Meski akan direkrut Mabes Polri, proses hukum Wildan tetap akan berjalan. Pemuda berusia 22 tahun itu dianggap bersalah karena telah menjebol situs pemerintah, www.presidensby.info. Dia akan dikembalikan ke kampung halamannya Jember untuk menjalani proses pengadilan.

Sebelumnya, Wildan diciduk polisi saat menjaga warung internet di bilangan Jalan Letjend Soeprato, Kelurahan Kebonsari, Jember. Wildan diduga merupakan dalang dari aksi peretasan situs resmi Presiden SBY. Bahkan, dia juga sudah dua kali melakukan serangan terhadap situs tersebut.

(YG)

Comment di sini