Hujan Semalaman, Kawasan Jakarta Kembali Dilanda Banjir

by
March 5th, 2013 at 9:11 am

Jakarta (CiriCara.com) – Hujan yang mengguyur kawasan Jakarta dan sekitarnya semalam, Senin, 4 Maret 2013 menyebabkan sejumlah wilayah di Jakarta kembali tergenang banjir.

Merdeka

Merdeka

Salah satu kawasan yang terendam banjir di Jakarta Selatan adalah Pejaten Timur. Kawasan di selatan Jakarta ini mengalami dampak yang paling parah akibat naiknya debit sungai Ciliwung yang terjadi pada subuh, Selasa 5 Maret 2013 tadi. Ketinggian air di kawasan ini bahkan sudah mencapai 2,5 meter.

Dilansir dari Detik.com, berdasarkan keterangan Marzuki, seorang anggota bantuan darurat, kawasan yang terkena banjir di kawasan itu adalah RW 1 dan RW 2. Air mulai datang di kawasan itu pada pukul 00.00 WIB dengan ketinggian hampir 1 meter.

Air kemudian naik perlahan-lahan hingga 2,5 meter. Namun kini, ketinggian air berangsur-angsur mulai surut. Diperkirakan pada pukul 10. 00 WIB nanti air baru benar-benar surut dari kawasan tersebut.

Beberapa warga Pejaten Timur yang terkena banjir masih bertahan di dalam rumah. Namun kendaraan bermotor dan barang-barang berharga sudah diungsikan ke tempat yang lebih tinggi dan kering.

Selain Pejaten Timur, kawasan lain yang terendam banjir adalah Kampung Melayu. Kawasan itu kembali terendam karena debit air sungai Ciliwung meningkat. Di situ, ketinggian air beragam, bahkan ada yang sudah mencapai leher orang dewasa.

Sejak pukul 03.00 WIB, air dengan cepat masuk ke kawasan itu. Dalam waktu kurang dari satu jam, air sudah mencapai ketinggian lutut orang dewasa. Diperkirakan air baru bisa surut pada petang nanti.

Rupanya musim hujan di Ibukota belum selesai. Meskipun curah hujan sempat berkurang beberapa minggu kemarin, namun intensitas hujan di Jakarta diperkirakan baru benar-benar berkurang pada bulan April 2013 nanti. (RN)

Comment di sini