Makanan dan Minuman yang Merusak Kecantikan Kulit

by
March 5th, 2013 at 9:28 am

CiriCara.com – Tahukah Anda bahwa segala jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi itu bisa mempengaruhi penampilan luar? Ada beberapa jenis makanan untuk melembapkan, menghaluskan, dan mencegah kulit dari kerusakan. Berbagai jenis makanan tersebut, seperti buah jeruk, tomat, ikan, yoghurt, dan lain sebagainya.

Selain itu, ada juga makanan dan minuman yang bisa merusak kecantikan kulit Anda. Walaupun efeknya tidak terlalu cepat, namun dalam jangka panjang akan terlihat. Apalagi jika Anda mengonsumsi dalam jumlah yang banyak. Dilansir Huffingtonpost.com, Dr. Bobby Buka, seorang ahli dermatologi yang praktik di New York City mengatakan bahwa semua ahli dermatologi sependapat bahwa diet sehat akan memperkuat sistem daya tahan tubuh dan juga berpengaruh pada kondisi kulit.

Lalu, makanan dan minuman apa saja yang harus dihindari agar kulit tetap terlihat cantik? Berikut makanan dan minuman yang merusak kecantikan kulit:

1. Makanan laut

makanan laut

Makanan laut, seperti kepiting, udang, lobster, dan rumput laut mengandung iodin. Kelebihan iodin bisa menyebabkan tumbuhnya jerawat. Namun, tumbuhnya jerawat ini tidak langsung setelah Anda mengonsumsi makanan laut. Tumbuhnya jerawat lebih disebabkan karena iodin yang terakumulasi selama bertahun-tahun. Bagi Anda yang kulitnya mudah berjerawat, lebih baik kurangi mengonsumsi makanan laut. Jangan setiap hari mengonsumsinya, cukup satu atau dua kali saja dalam sebulan.

2. Makanan dengan kadar indeks gilkemik tinggi

roti

Roti putih, pasta, dan kue merupakan penyebab timbulnya jerawat terutama bagi si pemilik kulit berminyak. Makanan dengan kadar indeks gilkemik tinggi tersebut bisa menyebabkan gula darah naik. Penelitian yang dilakukan di Australia menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan dengan kadar indeks gilkemik rendah bisa membantu mengurangi jerawat.

3. Gula

gula

Makanan dan minuman yang mengandung gula atau terasa manis bisa menaikkan kadar gula dalam darah. Hal tersebut bisa merusak kulit karena gula darah tinggi bisa merusak jaringan kulit, salah satunya kolagen. Dampaknya, kulit Anda jadi lebih cepat terlihat keriput.

4. Garam

garam

Kadar garam yang berlebihan bisa menyebabkan penumpukan cairan yang berakibat pembengkakan pada tubuh. Jika sebelum tidur atau siang harinya Anda mengonsumsi banyak garam, maka saat bangun tidur mata Anda akan terlihat bengkak.

5. Minuman beralkohol

minuman beralkohol

Minuman yang mengandung alkohol bersifat diuretik yang artinya memicu keluarnya urine lebih sering. Alkohol juga “Menyerap” kelembapan alami dari kulit sehingga kerutan dan garis halus bisa muncul lebih cepat.

6. Susu

susu

Beberapa produk susu olahan juga bisa membuat kulit bermasalah. Sebuah stu di menunjukkan bahwa adanya hubungan antara mengonsumsi banyak susu, khususnya susu skim dengan tumbuhnya jerawat. Gangguan kulit ini biasanya dialami oleh orang yang mengalami intoleransi laktosa. Selain itu, beberapa orang huga bisa alergi, seperti gatal dan merah-merah akibat susu.

Itulah makanan dan minuman yang bisa merusak kecantikan kulit Anda. Makanan dan minuman tersebut boleh saja Anda konsumsi, asalkan tidak terlalu sering dan jangan dalam jumlah yang banyak. Selain itu, rajin-rajinlah mengonsumsi buah dan sayuran agar senantiasa kulit terlihat sehat dan tidak kusam. (NR)

Comment di sini