Apple Sedang Kembangkan Jam Tangan Pintar ‘iWatch’?

by
March 6th, 2013 at 1:41 pm

Concept-of-Apple-iWatchCiriCara.comTim Cook CEO Apple.Inc menyangkal bahwa pihaknya sedang mengerjakan sebuah produk TV guna menuntun ke era perkembangan selanjutnya. Di lain sisi Apple ‘iWatch‘ yang sedang dikembangkan, mungkin akan lebih membawa keuntungan bagi Apple.

Seperti dilansir Bloomberg.com, Apple telah mendaftarkan setidaknya 79 hak paten, termasuk yang bertajuk “wrist” atau pergelangan, di mana terdapat satu perangkat dengan layar fleksible, dengan sumber tenaga kinetik.

Perangkat jam ini digadang-gadang sebagai awal pemicu persaingan Apple dan Google dalam lingkup gadget yang dapat dapat dikenakan. Google sebelumnya disinyalir sedang mengembangkan Google Glass, kacamata dengan kemampuan komputasi.

Menurut seorang analis dari Citigroup Inc, Oliver Chen, industri jam dunia akan menghasilkan $60 milyar dalam penjualan di 2013. Hasil itu tentu lebih kecil dibandingkan dari hasil pooling penjualan TV secara global, namun margin keuntungan kotor dari produk jam hampir 60%,“ itu empat kali lebih besar dari keuntungan TV” kata Anand  Srinivasan, Analis industri dari Bloomberg.

Apple terpaksa harus berinovasi guna memutar kembali roda bisnis perusahaan yang kini agak melambat pada produk iPhone dan iPod. Harga saham Apple pun merosot terus menerus semenjak mencapai puncaknya pada September tahun kemarin karena persaingan yang ketat dengan Samsung Electronics Co. dan terlalu cepatnya CEO Apple meluncurkan produk baru. Benarkah rumor jam tangan pintar Apple ini? Mari kita simak pembahasannya satu persatu.

1. Tim Produksi

Menurut bocoran dari orang yang memahami rencana Apple, Apple memiliki tim dengan sekitar 100 orang desainer produk sedang mengerjakan perangkat seperti jam tangan yang bisa melakukan beberapa hal yang dapat dilakukan iPhone dan iPad. Fitur-fitur yang masih dalam pembahasan adalah fitur telepon, fitur melihat peta koordinat, pedometer, dan sensor-sensor lain terkait dengan kesehatan.

Menurutnya, Apple akan mengenalkan iWatch  dalam tahun ini. Guna mengakomodasi layar jam yang lebih kecil, Apple akan mengadaptasi iOS yang disesuaikan dengan spesifikasinya.

2. Fungsi Jam

Ide jam tangan pintar ini memang tidak baru, tahun 2003 lalu Microsoft bekerjasama dengan Citizen Watch Co. dan Fossil Inc. membuat jam yang bisa menampung informasi tentang lalu lintas, skor olah raga, dan laporan cuaca. Namun pada tahun 2008 usaha ini melempem.

Kini dengan situasi yang lebih canggih dan orang sudah terbiasa menggunakan aplikasi mobile dalam kegiatan sehari-hari, waktu dirasa sudah tepat untuk mewujudkan kembali ide yang sempat mati. Peeble Technology berencana untuk menjual jam yang bekerja dengan software Apple dan Google Inc.

3. Persaingan

Apple selama beberapa tahun sudah membuktikan bahwa perusahaannya bisa menanjak dan menarik pasar yang pasti. Dengan inovasi yang selalu mengedapankan cara pemakaian yang mudah, Apple telah berkali-kali memenangkan pertarungan dalam pasar gadget, seperti produk terbarunya iPhone 5 yang dianggap sebagai smarpthone yang paling banyak terjual menurut  Strategy Analytics, serta sistem operasi iOS yang menguasai 21% pasar sistem operasi mobile.

4. Saham

Persaingan di pasar jam pintar memang belum banyak tapi masing-masing sudah memiliki pasar yang jelas dan tentunya menaikkan harga saham mereka. Fossil yang bekerjasama dengan Sony Ericsson dalam produk jam pintar belum memiliki rencana ke depan mengenai produk mereka. Hal senada pun diungkap Microsoft.

Selain persaingan belum ketat dan integrasi merek Apple serta toko-toko yang luas tersebar, keuntungan Apple ada pada kemampuannya mengirit ongkos produksi karena beberapa komponen sudah dapat diproduksi sendiri. Kesuksesan Apple dalam produk jam ini akan membebaskan margin kotor yang menurunkan harga saham.

5. Menarik Minat

Tujuan utamanya adalah bagaimana Apple dapat membuat produk yang bisa mendongkrak loyo-nya penjualan iPhone. Kepala desain Apple, Jony Ive sudah lama hobi dengan jam, dia dan timnya mengunjungi pabrik jam dan memesan beberapa kotak jam olah raga yang dibuat oleh Nike Inc. sekitar petengahan 2000 an.

Beban harus memikat jutaan pembeli lewat satu produk jam tangan saja adalah tugas yang berat. Banyak orang masih meributkan smartphone apakah yang harus mereka bawa, tentunya hal akan lebih sulit pada kasus jam tangan yang harus dipakai setiap hari. Ada seitap jam tangan yang berbeda untuk setiap acara.

Marshal Cohen, Analis dari NPD Group menyampaikan “Apple bisa menggabungkan fashion dengan fungsi,” “dalam satu sampai dua tahun Apple dapat meningkatkan bisnis jam tangan” tambahnya.

Menarik bukan? Selain dikabarkan sedang membuat produk jam tangan pintar, Apple juga digosipkan sedang mengembangkan produk-produk terbarunya yang akan keluar tahun ini. (LH)

Comment di sini