CiriCara: Cara Memotivasi Belajar Anak Jelang Ujian

by
March 6th, 2013 at 2:55 pm

mengajari anak belajarCiriCara.com – Menjelang ujian kenaikan kelas, terkadang menjadi hal yang paling menakutkan bagi si anak. Si anak ingin mendapatkan nilai terbaik dan mendapat peringkat di kelasnya. Beberapa anak yang ingin mewujudkan hal tersebut, mungkin akan kesulitan untuk tidur.

Sementara, tekanan terus datang kepadanya. Baik itu dari guru, teman sebaya, maupun orangtua. Tekanan yang datang itu bertujuan untuk memberikan semangat kepada anak agar mendapatkan nilai bagus, bahkan terbaik di kelasnya.

Namun, sebagai orangtua yang baik Anda bukan hanya bisa menasihati si anak untuk selalu belajar. Anda juga harus bisa memberikan dia semangat dan dukungan agar bisa melewati ujian itu dengan baik sehingga mendapatkan nilai yang memuaskan. Dilansir Boldsky.com, berikut cara memotivasi belajar anak jelang ujian:

1. Memastikan catatan yang dimiliki lengkap

anak belajar

Sebagai orangtua, Anda harus mengecek catatan si anak. Pastikan catatan yang dimiliki si anak sudah lengkap sehingga bisa dipelajari nantinya saat menjelang ujian. Agar tidak kebingungan, sebaiknya Anda juga mengecek setiap hari catatan si anak.

2. Meyakinkannya

Si anak seringkali merasa ragu mengenai kemampuan yang dimiliki. Untuk itu, Anda harus bisa meyakinkan dan memotivasi dirinya agar si anak lebih semangat lagi untuk belajar dan yakin pada kemampuan yang dimilikinya. Ketahuilah bahwa dorongan dari orangtua bisa membuat si anak menjadi lebih percaya diri dan bersemangat.

3. Jangan biarkan si anak bermalas-malasan

Menjelang ujian, jangan biarkan pikiran negatif masuk ke dalam pikiran anak. Biasakan agar si anak tidak bermalas-malasan menjelang ujian atau bersikap santai dengan sistem kebut semalam. Cara tersebut tentunya bisa membuat si anak kesulitan saat mengerjakan soal ujian nanti.

4. Memberikan makanan yang sehat

Sangat penting menjaga kesehatan dan kebugaran anak menjelang ujian. Untuk itu, pastikan Anda memberikan makanan yang sehat, kaya akan vitamin, seperti sayuran, buah-buahan, telur, dan lain sebagainya. Nutrisi yang tepat sangat penting untuk otak si anak.

5. Pastikan tidur si anak cukup

Ketika ujian, pastikan si anak memiliki waktu tidur yang cukup dan berkualitas. Tidur yang cukup dan berkualitas itu bisa membantu otak dan tubuh menjadi segar. Dengan begitu, si anak akan bisa belajar dan mengerjakan soal ujian dengan baik.

Itulah cara memotivasi anak belajar jelang ujian. Sebagai orangtua, Anda jangan hanya menuntut anak untuk mendapat nilai terbaik di kelasnya. Namun, Anda juga harus mendukung dan menyemangati si anak. (NR)

Comment di sini