CiriCara: Cara Mempercepat Booting Windows 7

by
March 6th, 2013 at 3:50 pm

windows7_beta_boot_screenCiriCara.com – Jengkel bila lama-lama komputer Anda booting-nya semakin lambat? Ada beberapa hal yang bisa membuat ini terjadi, seperti kapasitas sistem kepenuhan, banyak program yang harus nyala saat startup, dan sebagainya. Lalu bagai mana cara mengakalinya?

Caranya adalah dengan menuju ke pusat permasalahan dan memperbaiki satu persatu penyebabnya. Berikut ini cara mempercepat booting Windows 7:

1. Mengalokasikan memori lebih banyak

- Klik tombol “Start” lalu ketik “msconfig” lalu klik pad menu yang muncul.

boot1

- Selanjutnya klik “Advance Options” pada tab menu Boot. Jendela baru akan muncul, di sini ada pengaturan alokasi memori untuk proses boot.

boot2

- Centang kotak “Number of Processors” dan “Maximum Memory” lalu rubah value Number of Processor menjadi “2” dan biarkan Maximum Memory tidak perlu diganti dan klik “Ok”. Tidak perlu me-restart komputer lebih dulu.

boot3

2. Merapikan data menggunakan Defragmenter

Bila kita menggunakan komputer setiap waktu, hapus-tulis data, install-uninstall aplikasi, dan lain-lain, sistem akan berantakan. Memang tidak terlihat namun biasanya akan mengganggu performa komputer. Cara mengatasi sistem yang berantakan ini adalah dengan men-defrag-nya. Caranya adalah sebagai berikut:

- Klik tombol “Start” lalu pilih “All Program” lanjutkan ke “Accessories”, “System Tool” dan terakhir “Disk Defragmenter”.

boot4

- Setelah jendela Disk Defragmenter terbuka Anda bisa memilih drive mana yang ingin Anda defrag. Normalnya sistem ada di drive C, maka lebih dulu mulai dengan drive ini yang nantinya dilanjutkan dengan drive-drive di bawahnya. Klik dua kali pada drive yang ingin di-defrag atau klik “Defragment Now” untuk menjalankan proses defrag.

boot5

3. Menghapus File Folder Prefetch

Setiap kita menjalankan program ada sebuah file yang tercipta yang akan mempercepat akses kali lain kita mengakses program tersebut. Memang file ini sangat membantu kita dalam penggunaan komputer karena program-program berjalan lebih cepat. Namun file-file ini juga menambah beban boot sebuah komputer hingga terasa lambat.Salah satu cara mempercepat boot komputer Anda adalah dengan menghapus isi folder ini. Berikut caranya:

- Buka explorer lalu buka drive C lalu buka folder “Windows”.

boot7

Di sini akan didapati folder “Prefetch”. Masuk ke folder ini dan hapus file di dalamnya dengan menekan tombol Shift + Del dan pilih “Yes”.

boot9

boot10

Setelah semua cara selesai dilakukan, restart omputer Anda dan rasakan perbedaannya. Namun masih banyak faktor yang juga perlu diperhatiakan yang menyebabkan boot lambat selain hal di atas seperti ruang kosong pada sistem, performa prosesor, infeksi virus pada komputer, dan hardware pendukung lainnya. (LH)