CiriCara: Cara Sukses Menjadi Penulis Novel

by
March 6th, 2013 at 10:50 am

menulis novelCiriCara.com – Anda memiliki hobi menulis dan ingin menjadi seorang penulis novel? Pekerjaan yang satu ini menawarkan kebebasan berekspresi yang cukup menggoda untuk dilakoni. Beberapa orang mengatakan bahwa seorang penulis novel atau biasa disebut novelis itu memang memiliki kebebasan.

Seorang penulis novel tak memiliki seorang bos dan mereka bebas menentukan kapan waktunya menulis dan tidak. Selain itu, mereka juga bebas menuangkan segala kreativitas yang dimilikinya tanpa batasan waktu. Jika buku karangannya laku di pasaran, maka penghasilan yang didapat pun cukup menggiurkan.

Namun, menjadi seorang novelis hingga membuat bukunya diterbitkan itu bukanlah hal yang mudah. Terdapat banyak lika-likunya jika Anda ingin menempuhnya melalui jalur biasa. Artinya, Anda harus mengirimkan naskah ke penerbit yang biasanya akan memakan waktu cukup lama.

Dilansir Female.Kompas.com, Siska Yuanita, editor buku di Gramedia mengatakan bahwa sebelum buku bisa naik cetak, naskah tulisan si pengarang harus mampu menarik perhatian sang editor untuk membacanya, menyuntignya, dan mengirimkan naskah ke percetakan. Lalu, bagaimana cara sukses menjadi seorang penulis novel?

Dilansir sumber yang sama, berikut tips yang bisa diberikan:

1. Menyiapkan naskah

mengetik naskah

Jika ingin mengirimkan ke penerbit, maka Anda harus sudah menulis sebuah cerita lengkap dengan akhir ceritanya. Namun, cerita yang dimiliki harus bisa menarik perhatian sang editor untuk membacanya. Jika Anda hanya mengatakan ingin menulis sebuah novel dan tidak memberikan naskah, maka hal tersebut akan sia-sia saja.

2. Memiliki cerita yang tidak biasa

Dari dulu hingga sekarang, fiksi yang masih disukai pembaca adalah yang bertema percintaan. Namun, untuk mengemas ceritanya, Anda disarankan agar memiliki cerita yang tak biasa dan bermainlah dengan angle. Siska mengatakan bahwa permasalahan yang dihadapi pada sebuah novel adalah dimulai dengan bunyi alarm dan terlambat. Kisah cintanya menceritakan cewek culun naksir sama cowok basket yang keren.

Membuat cerita yang seperti itu tidak apa-apa, asalkan bisa menggali dari sisi yang berbeda. Ide tidak harus baru dan berbeda, namun Anda hanya dituntut untuk bermain dengan kreativitas yang dimiliki.

3. Memiliki tata bahasa yang baik

Untuk menciptakan novel yang berkualitas, bukan hanya isi cerita yang penting tapi juga Anda harus mempelajari kosa kata yang baik dan sesuai dengan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan). Naskah yang Anda kirimkan kepada sang editor, sebisa mungkin harus bersih dari typo atau salah ketik sekaligus menggunakan kosa kata yang baik dan benar.

Itulah cara sukses menjadi penulis novel. Agar menjadi seorang penulis novel yang baik, Anda disarankan untuk sering-sering membaca buku, terutama novel untuk menambah wawasan. Dengan banyak membaca novel, Anda juga bisa belajar dari orang yang sudah ahli. Anda bisa mempelajari bagaimana penyusunan kalimat yang baik, diksi bagaimana yang menarik minat pembaca, atau bagaimana plot cerita yang baik.

Bagaimana, Anda mau menjadi seorang penulis novel?

(NR)