CiriCara: Cara Tepat Mengatasi Anak Demam

by
March 6th, 2013 at 11:13 pm

anak demamCiriCara.com – Orangtua mana yang tak panik jika si anak sedang demam. Saat mengetahui anaknya demam, orangtua pastinya akan langsung bertindak dan mencari cara untuk menurunkan panasnya. Namun, cara yang dilakukan tak boleh sembarangan karena Anda harus mengetahui penyebabnya dahulu.

Saat mengetahui si anak demam, biasanya orangtua akan memberikan obat penurunan panas atau dibawa langsung ke IGD (Instalasi Gawat Darurat) agar mendapatkan pertolongan secepatnya. Demam memang bisa menyebabkan kematian atau cacat permanen. Oleh karena itu, beberapa orangtua akan panik jika kedapatan anaknya mengalami demam.

Di sisi lain, ada juga orangtua yang meremehkan anaknya saat sedang mengalami demam. Tak masalah karena demam merupakan salah satu reaksi tubuh ketika berusaha mengatasi penyakit. Lalu, bagaimana cara tepat mengatasi demam pada anak? Dilansir Vemale.com, Dr. Alanna Levine dari Children’s Advil memberikan tips praktis berikut ini:

1. Mengompresnya

mengompres anak demam

Anak-anak rentan sekali terkena demam. Untuk itu, Anda bisa melakukan cara mudah pertama yaitu mengompresnya dan memberikan obat penurun panas. Agar tak begitu panik, sebaiknya Anda selalu menyediakan obat penurun panas di rumah. Selain itu, Anda juga disarankan agar rutin memeriksakan kesehatan anak ke dokter.

2. Membawanya ke dokter

Anda bisa segera membawa si anak ke dokter jika demamnya tak kunjung turun setelah dikompres dan diberi obat penurun panas. Segera bawa ke dokter juga jika anak berusia di bawah 3 bulan dengan demam mencapai 37 derajat Celcius. Sementara anak yang usianya di atas 3 bulan, waspadai jika suhu tubuhnya mencapai 40 derajat Celcius atau lebih. Jika demam tak kunjung turun selama 3 hari dan menunjukkan penurunan kondisi tubuh, maka Anda bisa segera membawanya ke dokter.

3. Perhatikan efek obat yang diberikan

Ketahuilah bahwa beberapa obat memiliki waktu bekerja yang lama hingga 8 jam. Jika si anak sarapan dan minum obat pada jam 8 pagi, maka belum tentu si anak harus meminum obat itu lagi pada siang hari. Untuk itu, Anda harus memperhatikan petunjuk minum obat pada resep dan botol obat untuk mengetahui aturannya yang benar. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan kondisi si anak setelah meminum obat.

Itulah cara tepat mengatasi anak demam. Sebagai orangtua, Anda harus peka pada kondisi kesehatan si anak. Namun, alangkah baiknya gejala penyakit seperti demam itu tidak dialami si anak. Untuk mencegahnya, Anda disarankan agar merawat anak dengan baik dan rajin memberikan makanan yang sehat untuknya. Dengan begitu, kekebalan tubuh si anak akan kuat dan tak mudah terserang beberapa penyakit. (NR)

Comment di sini