Jangan Katakan 5 Hal Ini ke Wanita yang Keguguran

by
March 6th, 2013 at 11:04 am

kegguranCiriCara.com – Keguguran bisa menjadi titik terendah dalam hidup seorang wanita.

Bagaimana tidak? Setelah menanti-nanti kedatangan buah hati, bukan sesosok bayi mungil yang didapat namun fakta bahwa mimpi menimang si kecil harus sirna. Mereka pasti merasa sensitif , apalagi bila diajak berbicara terkait masalah keguguran yang baru saja dialami.

Jika teman, saudara, atau kenalan Anda baru saja mengalami keguguran, tips berikut ini akan sangat berguna. Lima hal yang tidak boleh dikatakan ke wanita yang baru saja keguguran:

1. “Nanti pasti punya anak lagi”

Perkataan di atas mungkin terdengar seperti dorongan semangat, tapi bisa-bisa malah membuat kesalahpahaman bahwa anak yang baru saja hilang tidak ada artinya. Lumrah bagi seorang wanita untuk berduka selama beberapa hari setelah keguguran. Ya, mungkin akan ada anak lain yang datang tapi anak itu tak akan pernah bisa menggantikan anak pertama yang pergi.

2. “Jangan ngomongin keguguranmu ama si X yang lagi hamil lho ya”

Komentar ini bisa dibilang sebagai komentar terkonyol di dunia. Wanita yang baru saja keguguran berhak berbagi perasaan ke semua orang. Membicarakan keguguran ke wanita yang sedang hamil tidak lantas membuat wanita itu akan mengalami keguguran juga. Justru pengalamannya bisa menjadi pelajaran agar orang tersebut  dapat melahirkan sesuai rencana.

3. “Jangan sedih melihat kehamilan orang lain”

Kadang ada orang yang memberi nasihat untuk tetap bahagia walau baru saja keguguran. “Jangan sedih melihat wanita lain yang sedang hamil,” kata mereka. Tapi, kehilangan anak di dalam kandungan pastinya menimbulkan trauma bagi sang calon ibu. Ada perasaan iri dan sedih ketika melihat wanita lain yang sedang hamil. Itu wajar saja, tapi jangan sampai perasaan ini menguasai akal dan budi. Sebaliknya, perasaan ini harus dikontrol sepenuhnya.

4. “Keguguran si X lebih parah dari keguguranmu”

Jangan pernah membanding-bandingkan keguguran. Siapapun yang mengalami dan bagaimana prosesnya, keguguran adalah kondisi yang pastinya tak mau dialami oleh siapapun juga. Dengan dibanding-bandingkan, seolah-olah ada keguguran yang tingkatannya lebih tinggi daripada keguguran lainnya. Keguguran adalah keguguran. Dan itu membuat orang sedih.

5. “Ini bukan salahmu”

Mungkin seseorang akan menyalahkan diri sendiri ketika mengalami keguguran. Tapi ketahuilah, banyak wanita lain di luar sana yang juga mengalami keguguran. Dan semuanya belum tentu karena kesalahan mereka, pihak wanita. Banyak faktor yang mengakibatkan keguguran. Oleh karena itu, jangan membicarakan siapa yang salah atau siapa yang benar. Temanilah mereka, jangan biarkan mereka merasa kesepian. Itu sudah sangat membantu mereka untuk keluar dari keterpurukan.

Sebenarnya, ada satu tips bagi wanita hamil. Jika bisa, jangan terburu- buru mengumumkan kehamilan kepada siapapun sebelum masuk bulan ketiga. Ini tidak ada hubungannya dengan mitos. Namun menurut nasihat dokter, tiga bulan pertama dalam masa kehamilan merupakan masa yang genting. Banyak hal yang bisa terjadi.
(hp)

Comment di sini