Kemenag: Biaya Nikah di KUA Gratis!

by
March 6th, 2013 at 3:33 pm

ciricara.com-menikahJakarta (CiriCara.com) – Kabar gembira datang bagi pasangan yang akan segera melangsungkan pernikahan dalam waktu dekat.

Berdasarkan hasil rapat yang digelar Kementerian Agama (Kemenag) RI, biaya nikah di Kantor Urusan Agama (KUA) akan digratiskan.

Diberitakan oleh Merdeka.com, keputusan itu merupakan konsep final yang akan segera disahkan oleh Kemenag.

“Mengenai konsep biaya nikah yang paling ‘update’ tadi saya rapat dengan Pak menteri, sudah mencapai konsep final mengenai biaya nikah,” kata Irjen Kemenag, M. Jasin di Gedung KPK, Selasa 5 Maret 2013 seperti dikutip oleh Merdeka.com.

M. Jasin mengatakan bahwa konsep gratis biaya nikah ini diputuskan untuk menghapus gratifikasi yang terjadi di penghulu. Dengan adanya keputusan itu, gratifikasi untuk penghulu akan ditiadakan.

Menurut PP No 47 Tahun 2004 tentang Penerimaah Negara Bukan Pajak, biaya pencatatan nikah di KUA adalah Rp. 30 ribu. Nantinya, pembebasan biaya nikah itu adalah program dari pemerintah untuk masyarakat sehingga bila berhasil dilakukan maka amplop tanda terima kasih akan segera dilarang.

Dan tentunya, biaya nikah sebesar Rp. 30 ribu sesuai dengan peraturan itu akan segera dihapuskan. Menurut Jassin, nantinya akan ada empat kategori konsep biaya nikah yaitu a, b, c, dan d. Keempat kategeori itu nantinya akan didasarkan pada jumlah peristiwa per masing-masing wilayah KUA.

“Jadi tunjangan (penghulu) didasarkan atas perhitungan itu, tunjangan transportasi lokal kisarannya Rp 110 ribu ditambah tunjangan profesi,” kata Jassin lagi.

Dengan adanya sistem tersebut, Jassin sangat yakin tidak akan ada lagi penghulu yang meminta uang tambahan kepada masyarakat karena dana operasional yang dahulunya Rp. 2 juta sudah dinaikkan menjadi Rp. 5 Juta.

Tentunya penggratisan biaya nikah ini akan sangat berguna bagi para pasangan yang akan melangsungkan pernikahan pada tahun ini karena mereka tidak perlu merogoh kantong terlalu dalam untuk membangun rumah tangga. (RN)

Comment di sini