Sayembara Atasi Macet Jalan Tol Berhadiah Rp 100 Juta

by
March 6th, 2013 at 2:58 pm

KEMACETAN PANJANGJakarta (CiriCara.com) – Kemacetan di Jakarta sudah menjadi hal yang biasa. Bahkan, kemacetan pun sudah menjalar hingga ke jalan tol. Untuk itu, Jasa Marga melakukan sayembara berhadiah untuk ide atasi macet di jalan tol.

Direktur Utama Jasa Marga, Adityawarman menuturkan bahwa pihaknya akan melakukan sayembara bagi siapa saja yang mempunyai ide mengatasi masalah macet di jalan tol. Jasa Marga akan memberikan hadiah Rp 100 juta bagi pemilik ide yang paling bagus.

“Kalau ada ide (atasi macet jalan tol), mengusulkan kita akan sayembara dan memberikan Rp 100 juta,” kata Adityawarman di Pintu Tol Kapuk, Jakarta, seperti dikutip dari Merdeka.com, Rabu (6/3/2013).

Saat ini, pihak Jasa Marga mengklaim sudah bisa mengatasi masalah macet di 7 simpul jalan tol di Jakarta. Adapun jalan tol yang sudah bisa diatasi adalah sebagai berikut:

- Tol Cawang-Semanggi (pemberlakuan contra flow/lawan arus)
- Tol Bukopin-Tegal Parang (skema penutupan Off Ramp pada jam tertentu)
- Tol Cibubur-Semanggi (pemasangan rubber cone dan penambahan jalur tol)
- Tol Halim (ditambah ruas tolnya dengan menggunakan jalan arteri)
- Tol Rawamangun (pemberlakuan contra flow)
- Tol Kebun Jeruk (pemberlakuan contra flow).

Di luar tujuh jalan tol tersebut, Jasa Marga masih belum mendapatkan solusi untuk atasi macet. Itulah sebabnya Jasa Marga mengadakan sayembara atasi macet di luar tujuh tol tersebut. “Akan kita kasih Rp 100 juta jika idenya terpakai,” kata Adityawarman.

Menteri BUMN Dahlan Iskan juga sudah menyampaikan hal yang sama melalui tulisan manufacturing hope-nya. Satu orang yang bisa menyumbangkan ide untuk mengatasi macet akan mendapat hadiah. Dengan syarat, ide tersebut bisa diterapkan dan bukan ide asal-asalan.

Punya ide untuk atasi masalah macet jalan tol di Jakarta?

(YG)

Comment di sini