Waspada! Ada Narkoba Di dalam Obat Pelangsing

by
March 6th, 2013 at 11:51 am

CiriCara.comAnda yang ingin langsing, pernahkah mengonsumsi obat pelangsing? Jika iya, maka Anda patut berhati-hati. Kabarnya beberapa obat pelangsing memiliki kandungan narkoba. Benarkah?

Corbisimages

Corbisimages

Beberapa obat pelangsing mengandung narkoba jenis amfetamin yang masih berkerabat dengan ekstasi. Dilansir Health.Detik.com, Titi Sekarindah, MS, SpGK, pakar diet dari RS Pertamina mengatakan bahwa amfetamin  berfungsi untuk menekan rasa lapar.

Amfetamin itu sendiri merupakan psikotropika golongan II yang penggunaannya dibatasi hanya untuk terapi. Jenis obat tersebut tergolong obat keras yang tidak boleh dikonsumsi sembarangan.

Amfetamin yang terdapat dalam obat pelangsing itu memiliki efek yang membuat pemakainya tak akan kehabisan energi. Efeknya hampir sama seperti ekstasi karena masih dalam satu keluarga, yaitu tidak membuat orang merasa kelelahan dan ingin terus bergerak.

Selain itu, efek obat tersebut juga bisa membuat seseorang kehilangan nafsu makannya, namun selalu merasa kelebihan energi. Hal tersebut tentunya bisa membahayakan si pemakai yang ingin langsing. Kalori dalam tubuh si pemakai lama-kelamaan akan turun hingga akhirnya jadi kekurangan gizi.

Dilansir sumber yang sama, Dr Samuel Oetoro, MS, SpGK, pakar gizi dari Universitas Indonesia mengatakan bahwa obat pelangsing yang memiliki kandungan jenis narkoba amfetamin sudah lama ditinggalkan para dokter. Saat ini yang dipakai adalah turunan generasi keempatnya yaitu dietilpropion.

Fungsinya sama seperti amfetamin yaitu mengntrol nafsu makan. Namun, penggunaannya hanya boleh dipakai di bawah pengawasan dokter. Sebab, selama pemakaian tekanan darah dan denyut jantungnya harus terus dipantau.

Turunan generasi keempat ini memiliki efek samping lebih sedikit dibandingkan dengan amfetamin sehingga aman digunakan jika sesuai dengan petunjuk dokter. Dietilpropion ini masih tergolong dalam obat keras yang tak boleh dipakai sembarangan.

Mengonsumsi dietilpropion termasuk penyalahgunaan jika dipakainya sembarangan atau tanpa pantauan dari dokter. Jika Anda mengosumsinya tanpa pantauan dari sang dokter, maka bisa membahayakan kesehatan. Untuk itu, bagi Anda yang ingin langsing lebih baik menggunakan cara alami saja. (NR)

Comment di sini