5 Penyebab Mata Panda

by
March 7th, 2013 at 10:27 am

memakai krim mataCiriCara.com – Wanita mana yang tidak kesal jika terdapat lingkaran hitam di bawah matanya alias mata panda? Lingkar hitam di daerah sekita mata bisa membuat penampilan seseorang jadi terlihat kelelahan dan lebih tua dari usianya. Tak heran, banyak wanita yang rela mengeluarkan uang untuk membeli produk kecantikan agar mata panda itu bisa tersingkirkan.

Dilansir Female.Kompas.com, dr. Abraham Arimuko, SpKK mengatakan bahwa lingkaran hitam di bawah mata memang sulit untuk dihilangkan.  Prosesnya akan memakan waktu lama dan butuh kedisiplinan dalam merawatnya.

Lalu, apa sebenarnya penyebab timbulnya si mata panda ini? Jika sudah mengetahui penyebabnya, maka Anda akan bisa mencegahnya. Dilansir dari beberapa sumber, berikut penyebab lingkar hitam pada mata:

1. Dehidrasi pada kulit

Menurut dr. Ari, lingkar mata disebabkan oleh dehidrasi pada kulit di sekitar mata. Dirinya mengingatkan Anda untuk rajin-rajin menghidrasi kulit mata dan wajah. Area kulit di sekitar mata memang lebih tipis daripada kulit wajah lainnya. Untuk itu, Anda harus lebih sering merawatnya. Kulit yang kekurangan cairan merupakan sumber masalah sehingga lebih cepat mengalami penuaan, termasuk jerawat.

2. Alergi makanan

Boldsky

Boldsky

Jika lingkar hitam pada mata muncul secara mendadak, maka bisa jadi ada gejala infeksi pada ginjal. Anda harus mencari tahu makanan apa yang memicu alergi dan hindari untuk mengonsumsinya. Biasanya produk susu yang berasa dari sapi dengan hormon khusus, buah dan sayuran yang terkena pestisida bisa memicu alergi. Selain itu, beberapa produk kosmetik, seperti krim mata dan maskara juga bisa memicu alergi.

3. Kurang tidur

Kurang tidur merupakan penyebab utama lingkaran hitam pada mata. Jika Anda kurang tidur, maka membuat kulit pucat dan mata panda semakin terlihat jelas. Untuk itu, pastikan Anda tidur nyenyak selama 7 – 8 jam setiap harinya.

4. PMS

Perhatikan apakah lingkaran hitam pada mata Anda terkait dengan siklus menstruasi. Jika hal itu muncul beberapa hari sebelum menstruasi, maka bisa jadi itu merupakan petanda siklus haid Anda akan dimulai.

5. Faktor keturunan

Lingkar hitam pada mata juga bisa disebabkan karena faktor keturunan. Jika ibu atau nenek memiliki lingkar hitam pada matanya, maka hal tersebut juga bisa diwariskan pada Anda.

Itulah 5 penyebab lingkar hitam pada mata. Menurut dr. Ari, cara terbaik untuk mengatasi lingkar hitam pada mata adalah dengan rutin memakai krim mata setiap hari. Rutin melakukan facial untuk mengatasi lingkar hitam dan memakai eye masker merupakan cara terbaik untuk menyamarkan garis hitam di bawah mata.

Namun, hasilnya agak lama tapi lebih direkomendasikan ketimbang Anda melakukan laser. Laser pigmen hanya untuk mengatasi keriput sekitar mata. Bukan indikasi utama untuk perawatan kulit sekitar mata dan tidak menjamin hasilnya akan bagus.

Cara terbaik yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi mata panda adalah melakukan serangkaian perawatan, mengoleskan krim mata, eyes mask, dan facial. Jika Anda membiarkan lingkar hitam di bawah mata, maka lama-kelamaan kondisinya akan semakin buruk. (NR)

Comment di sini