CiriCara: 5 Ciri Anak yang Memiliki Masa Depan Suram

by
March 7th, 2013 at 4:52 pm

anak melawan orangtuaCiriCara.com – Peran orangtua sangatlah penting untuk membangun karakter anak. Anak yang berhasil ketika dewasa tentunya berkat didikan dari orangtuanya juga.

Terdapat 3 kebutuhan yang harus dipenuhi sejak anak lahir hingga berusia 7 tahun bahkan lebih. Kebutuhan tersebut yaitu kebutuhan akan rasa aman, untuk mengontrol, dan kebutuhan untuk diterima. Ketiga kebutuhan dasar emosi tersebut harus terpenuhi agar si anak menjadi pribadi yang andal dan memiliki karakter yang kuat dalam menghadapi hidup.

Jika tidak terpenuhi, maka si anak bisa menjadi anak yang nakal sehingga masa depannya suram. Lalu, bagaimana ciri anak yang memiliki masa depan suram? Untuk mengetahuinya, mari simak ciri-ciri berikut ini:

1. Si anak susah diatur

Si anak suka sekali membantah dan memberontak apa yang dikatakan orangtuanya. Dirinya bertindak semaunya sendiri dan mulai mengatur tidak mau ini dan itu. Jika si anak sudah bersikap seperti itu, maka Anda harus bisa menghadapinya dengan tenang. Terus berikan saran dan nasihat untuknya. Jangan malah Anda memarahi atas perilakunya itu karena bisa membuat karakter dalam dirinya menjadi jelek.

2. Kurang terbuka pada orangtuasi anak menutup diri

Saat ditanya orangtuanya, si anak cenderung malas menjawab. Namun, si anak justru sangat terbuka pada teman-temannya. Jika si anak sudah mulai bersikap seperti itu, maka Anda harus waspada. Jangan sampai, peran orangtua tergantikan sehingga masa depan anak nantinya jadi suram. Untuk menghadapinya, Anda juga harus bersabar dan jangan memarahinya.

3. Si anak menarik diri dari lingkungannya

Si anak mulai asyik dengan dunianya sendiri dan tak boleh ada orang lain tahu apa yang dilakukannya. Saat mengetahui si anak berada dalam kondisi seperti itu, sebagai orangtua sebaiknya Anda melakukan upaya pendekatan yang berbeda. Anda harus bisa mengerti dan menerima tingkahnya itu. Namun, Anda juga harus bisa memberikan nasihat agar si anak tidak bersikap seperti itu lagi. Ketahuilah bahwa anak yang menarik diri dari lingkungan sosialnya bisa membuatnya jadi kurang percaya diri nantinya.

4. Menanggapi suatu hal dengan kalimat negatif

Jika si anak mulai mengomentari sesuatu dengan kalimat negatif, maka sebagai orangtua Anda juga harus mewaspadainya. Misalnya si anak berkata, “Biarin saja dia memang jelek kok”. Kalimat tersebut menandakan bahwa harga dirinya terluka. Harga diri merupakan kunci sukses di masa depan anak. Untuk itu, Anda harus bisa menaikkan harga diri yang dimiliki si anak agar menjadi orang yang berguna dan berhasil nantinya.

5. Mencari pengakuan dan penerimaan

Si anak selalu berulah yang membuat teman-temannya tertawa. Selain itu, si anak juga mencari-cari kesempatan untuk mencari pengakuan dan penerimaan dari teman-temannya. Jika mengetahui hal tersebut, maka sebagai orangtua Anda juga harus mewaspadainya. Si anak bertingkah laku seperti itu dikarenakan kurang mendapatkan perhatian dari orangtuanya.

Itulah ciri-ciri anak yang memiliki masa depan suram. Sebagai orangtua, Anda harus bisa menghadapi si anak dengan tenang jika sudah menunjukkan tanda-tanda seperti itu. Anda harus bicara baik-baik secara empat mata kepadanya. Selain itu, jangan juga terlalu memberikan batasan pada anak karena bisa membuatnya merasa terkekang dan akhirnya memiliki pergaulan bebas. (NR)

Comment di sini