Penyebab Oknum TNI Serang Polres OKU

by
March 7th, 2013 at 3:23 pm

Mapolres OKUJakarta (CiriCara.com) – Sejumlah oknum Tentara Nasional Indonesia (TNI) tiba-tiba saja menyerang Mapolres Ogan Komering Ulu (OKU) Sumatera Selatan. Mereka bahkan membakar kantor dan sejumlah kendaraan yang terparkir. Apa penyebabnya?

Menurut Kabid Humas Polda Sumsel AKBP R Djarod Padakova, sejumlah oknum TNI berseragam datang ke Polres OKU untuk menanyakan perkembangan kasus pelanggaran lalu lintas. Pasalnya, oknum polisi pada bulan lalu menembak oknum TNI yang melanggar lalu lintas hingga tewas.

“Mereka menanyakan perkembangan kasus pelanggaran lalu lintas. Itu yang pelanggar lalin (oknum TNI) yang ditembak anggota Polantas,” kata Djarod Padakova, seperti dikutip dari detik.com, Kamis (7/3/2013).

Djarod menambahkan bahwa ada sekitar 90 oknum TNI berseragam dinas hijau yang datang menggunakan sepeda motor. Mereka juga membawa atribut bendera merah putih yang dikibarkan sepanjang perjalanan.

Sementara itu, Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Suhardi Aliyus mengatakan bahwa anggota TNI awalnya ingin menggelar aksi unjuk rasa dengan damai. Mereka ingin menanyakan proses hukum oknum polisi yang telah menembak oknum TNI hingga tewas. “Tapi jadi tidak terkendali,” ujarnya.

Saat dimintai keterangan terkait penyerangan yang dilakukan anak buahnya, Kapuspen TNI Laksamana Muda Iskandar Sitompul membenarkannya. Namun menurutnya, penyerangan itu pasti dilatarbelakangi oleh suatu sebab.

“Tapi yang pasti ini terjadi ada asal muasalnya. Kita tidak akan menyerang jika tidak ada penyebabnya,” ujar Iskandar Sitompul.

Seperti diberitakan detik.com, pelanggaran lalu lintas yang dimaksud itu terjadi pada Minggu (27/1/2013). Saat itu oknum Polisi Brigadir WJ yang tengah berjaga di Pos Polantas Simpang Empat Sukajadi menegur oknum TNI, Pratu Her karena melanggar lalu lintas.

Namun, Pratu Her tidak menggubris teguran dari Brigadir WJ dan malah tancap gas. Sejumlah petugas polisi pun sempat melakukan pengejaran hingga terjadilah penembakan yang diduga dilakukan oleh Brigadir WJ. Akibat tembakan ini Pratu Her tewas.

(YG)

Comment di sini