CiriCara: 10 Cara Menghemat Baterai BlackBerry Z10

by
March 8th, 2013 at 8:51 am

z10-batteryCiriCara.com – Daya tahan baterai adalah salah satu hal yang paling penting dalam smartphone. Bila baterai habis maka kita tidak dapat melakukan kegiatan apa-apa dengan smartphone tersebut. BlackBerry adalah salah satu smartphone yang terkenal boros baterai, apalagi dengan fitur-fitur yang terus bertambah pada model terbaru.

Blackberry Z10 adalah produk terbaru BlackBerry dengan segudang fitur yang tentunya akan semakin menguras baterai. Bila Anda merasa BlackBerry Z10 Anda boros baterainya, berikut ini ada 10 cara menghemat baterai BlackBerry Z10:

1. Cek update firmware

Update terbaru firmware selalu membawa perbaikan di banyak bidang, salah satunya adalah memperbaiki cara konsumsi baterai. Bisa jadi dalam update terbaru terdapat optimasi yang bisa meningkatkan daya guna baterai. Maka dari itu pastikan cek update secara berkala.

2. Koneksi

Koneksi dalam smartphone ini di desain secara efektif, pastikan mematikan yang tidak Anda gunakan karena kadang koneksi ini menyedot daya baterai yang banyak. Bila di daerah Anda banyak jaringan Wi-Fi gratis yang bisa Anda gunakan, gunakanlah daripada Anda menyedot data melalui koneksi seluler yang lebih banyak memakan baterai.

3. Isi daya

BlackBerry Z10 sudah didesain untuk mengefektifkan penggunaan baterai, namun Anda tetap harus merawat baterainya agar waktu hidupnya lebih panjang. Selalu gunakan baterai dan pengisi daya yang orisinal dan isi sebanyak-banyak Anda bisa. Hindari pengisian daya yang pendek dan terputus-putus (di bawah 15 menit) dan hindari juga meletakkan unit ditempat yang dingin sekali atau panas.

4. Akun

Bila mungkin, gunakan Active Sync atau IMAP via POP untuk membuat akun baru agar lebih efisien. Apabila Anda membuat banyak akun guna mendukung e-mail, kontak, dan sinkronasi kalender, pastikan mengaktifkan akun yang ingin Anda gunakan saja agar aktifitas yang tidak perlu tidak akan menyedot baterai.

5. Notifikasi

Bila Anda menerima banyak notifikasi masuk sepanjang hari, pastikan Anda melakukan pengaturan profil notifikasi. Sebagai contoh mode vibrasi akan lebih menguras baterai daripada mode yang hanya memakai lampu indikator saja.

6. Pengaturan cahaya layar

Cara yang paling terlihat hasilnya adalah dengan meredupkan cahaya layar BlackBerry Z10 Anda. Dengan lampu yang redup, baterai akan lebih hemat.

7. Layar lock

Guna mencegah layar menyala saat tersentuh dan tentu saja mengurangi daya baterai, kunci layar Anda dengan menekan tombol power di bagian atas smartphone.

8. Waktu screen lock otomatis

Pengaturan tambahan di samping menekan tombol power adalah pengaturan waktu kunci layar otomatis. Pengaturan ini berfungsi untuk mengatur seberapa lama layar Anda akan otomatis mati bila tidak digunakan. Semakin lama waktunya semakin banyak daya yang digunakan.

9. Gunakan casing penutup atau holster

Dengan menggunakan casing pennutup atau holster yang mendukung pematian layar secara otomatis jika disarungkan, selain akan mengurangi risiko Blackberry Z10 Anda baret juga membantu mengurangi konsumsi baterai. Untuk itu pastikan menggunakan holster yang dapat mematikan layar BlackBerry Z10.

10. Cek aplikasi dan game

Kadang ada aplikasi dan game yang secara berkala mengambil data dari internet jika terus dinyalakan dan tentu saja ini menyedot daya baterai. Biasanya pada aplikasi atau game terdapat pengaturan di mana mengizinkan kita mengatur interval game atau aplikasi dalam menyedot data. Atur sedemikian rupa agar baterai Anda awet.

Dengan cara-cara di atas seharusnya Anda bisa menghemat daya baterai dan membuat komponen baterai lebih awet. Selamat mencoba. (LH)

Comment di sini