CiriCara: Cara Aman Cek BlackBerry Sebelum Membeli

by
March 8th, 2013 at 4:48 pm

Cara-Mengganti-PIN-BlackBerry-dengan-Cepat-dan-MudahCiriCara.com – Apabila Anda hendak membeli BlackBerry tapi enggan membeli di gerai resminya karena suatu dan lain hal, ada beberapa hal yang harus diperiksa guna mencegah Anda merugi karena ternyata BlackBerry yang Anda beli tidak bisa memenuhi kewajibannya.

Atas alasan tersebut, ada baiknya Anda memeriksa unit BlackBerry sebelum Anda membelinya. Bila Anda tidak familiar dengan cara memeriksa perangkat BlackBerry, berikut ini ada cara aman cek BlackBerry sebelum membeli:

1. Cek PIN dan nomor IMEI BlackBerry

Sebelum membeli cek PIN dan nomor IMEI perangkat BlackBerry dengan cara menekan tombol “Alt”+”Shift”+”H” di layar utama BlackBerry. PIN dan nomor IMEI akan tampak, cocokkan dengan yang ada pada kotak pembelian unit dan dalam unit, tertera di stiker di balik baterai. Pastikan semua Angka sama.

2. Cek registrasi PIN dan IMEI

Gunakan koneksi internet, kunjungi situs BlackBerry Service, pilih “Register New Account” dan coba daftarkan IMEI dan PIN BlackBerry yang hendak Anda beli. Selanjutnya akan muncul empat jenis jawaban yakni:

a. “Your device has not yet been registered with the network” , artinya PIN Anda aman dan belum terdaftar oleh orang lain.

b. “The BlackBerry is registered with another provider”, artinya bisa dua kemungkinan PIN tersebut baru atau sudah terdaftar oleh orang lain yang kemungkinan PIN tersebut adalah duplikat. Namun biasanya dimana pun Anda beli, kecuali lewat perorangan, masalah ini bisa diselesaikan dengan meminta memgganti unit dengan yang baru.

c. “Your Account is already registered”, Artinya kemungkinan besar unit BlackBerry yang hendak Anda beli menggunakan PIN yang telah digandakan. Pastikan langsung meminta tukar dengan unit baru.

d. “Your Account is Suspended”, kalau pesan sudah menunjukan seperti ini, sudah dipastikan unit ini tidak akan berfungsi sebagaimana layaknya karena PIN tersebut sudah diblokir karena suatu dan lain hal.

3. Cek kondisi data BlackBerry

Nyalakan BlackBerry, buka menu utama lalu pilih “Options” lalu pilih “Status”. Dihalaman “Status” ketik huruf “BUYR” dan data akan muncul. Di sini akan terlihat pemakaian BlackBerry Anda, data dan suara. Jika keduanya masih menunjukan angka 0 maka bisa dipastikan unit tersebut adalah benar-benar baru. Bila menunjukan ukuran yang relatif kecil masih bisa dikatakan wajar, namun bila exceeded, Anda bisa meminta untuk ganti unit baru.

Cek dengan teliti dan pertimbangkan dengan matang saat membeli smartphone BlackBerry jika tidak ingin kecewa nantinya. (LH)

Comment di sini