CiriCara: Cara Membangun Rasa Percaya Diri Anak

by

membangun rasa percaya diri anakCiriCara.com – Orangtua mana yang tak ingin anaknya memiliki rasa percaya diri. Percaya diri perlu dimiliki seseorang dalam menjalani hidupnya. Namun, untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak sangat membutuhkan dorongan dari orangtuanya.

Ketahuilah bahwa orangtua sangat berperan penting dalam membentuk kepribadian anak. Anak-anak yang memiliki rasa percaya diri itu merupakan hasil dari orangtua yang cukup bijak mengenali kapan anak-anaknya membutuhkan bantuan.

Lalu, bagaimana cara agar si anak bisa memiliki rasa percaya diri yang tinggi? Dilansir dari beberapa sumber, berikut cara membangun rasa percaya diri pada anak:

1. Jangan membandingkan anak

Membandingkan anak sendiri dengan anak lainnya hanya akan membuat perasaannya terluka. Si anak akan menjadi kurang percaya diri dan merasa tidak nyaman. Untuk itu, jangan membandingkannya dengan anak-anak yang lain jika menginginkan si anak memiliki rasa percaya diri yang tinggi.

2. Arahkan si anak untuk bersosialisasi

Sebagai orangtua, Anda harus bisa mengarahkan anak ke perbuatan yang baik-baik. Arahkan anak Anda untuk berkenalan dan bermain dengan anak lainnya di lingkungan sekolah dan rumah. Bersosialisasi dengan teman sebayanya bisa membuatnya tumbuh menjadi seseorang yang memiliki rasa percaya diri.

3. Membatasi dan mendampinginya saat menonton televisi

anak percaya diri

Anak sering menonton televisi cenderung menjadi anak yang individual. Sebagai orangtua, sebaiknya Anda menyeleksi tontonan apa yang baik untuk ditonton si anak. Selain itu, Anda juga harus mendampinginya guna memberikan pengarahan baik untuk si anak.

4. Memilihkan permainan yang edukatif

Anak-anak biasanya senang sekali bermain video games. Ketahuilah bahwa anak-anak juga cenderung meniru segala apa yang dilihat dan didengar. Jika si anak gemar sekali memainkan games, maka pilihlah permainan yang memiliki nilai edukatif.

5. Mengajaknya melakukan kegiatan positif

Melibatkan anak untuk melakukan aktivitas Anda sehari-hari bisa menumbuhkan rasa percaya dirinya. Untuk itu, Anda bisa mengajak anak untuk menanam tumbuhan, menyiram tanaman, memasak, merapikan perabot rumah, dan lain sebagainya.

6. Memberikan pujian kepadanya

Pujian merupakan sebuah penghargaan dan berdampak positif pada anak. Jika Anda memberikan pujian saat si anak memperoleh keberhasilan, maka akan menumbuhkan rasa aman pada dirinya. Selain itu, si anak juga akan merasa dicintai oleh orangtuanya. Dengan begitu, si anak akan berusaha untuk menjadi seseorang yang membanggakan orangtuanya.

7. Memotivasi si anak

Sebagai orangtua, Anda juga harus memberikan motivasi anak untuk memperlajari hal baru yang sifatnya baik. Misalnya, mengajaknya untuk bergabung dalam sebuah kursus bahasa asing, les berenang, bermain musik, atau bergabung dengan organisasi lainnya. Dengan begitu, si anak akan memiliki rasa percaya diri yang tinggi nantinya.

8. Membiasakan anak mandiri

Sejak dirinya kecil, Anda harus membiasakan anak mandiri. Misalnya, membiarkan si anak untuk membawa tas sekolahnya sendiri. Hal tersebut bisa membantu anak untuk menumbuhkan rasa percaya dirinya. Selain itu, si anak juga akan merasa bahwa dirinya mampu untuk mandiri.

Itulah cara membangun rasa percaya diri anak. Bagaimana dengan Anda, apakah sudah memperlakukan anak seperti itu? Bagaimanapun juga, rasa percaya diri si anak harus dibangun sejak dirinya kecil. Jadi, saat dewasa nanti si anak bisa menjadi anak yang mandiri dan memiliki rasa percaya diri yang tinggi. (NR)


comments powered by Disqus