CiriCara: Cara Merawat Sepatu Kulit Agar Awet

by
March 8th, 2013 at 2:36 pm

merawat sepatu kulitCiriCara.com – Anda memiliki koleksi sepatu banyak di rumah? Jika iya, maka alangkah baiknya untuk merawatnya dengan baik. Sepatu memerlukan perawatan khusus agar tetap awet. Jika tidak, maka Anda akan kehilangan sepatu kesayangan.

Segala bahan sepatu memang diperlukan perawatan, khususnya sepatu yang terbuat dari kulit, baik itu kulit asli maupun sintesis. Hal-hal yang sering terjadi jika Anda merawatnya tidak baik adalah sepatu kulit mudah berjamur dan menjadi kering sehingga mudah mengelupas.

Agar tak terjadi seperti itu, Anda disarankan untuk merawatnya denga benar. Bagaimana caranya? Berikut cara merawat sepatu kulit agar tetap awet:

1. Jangan langsung terkena sinar matahari

Jika sepatu kulit sudah terlanjur terendam air, maka jangan Anda langsung jemur di bawah sinar matahari. Hal tersebut bisa membuat kulit pada sepatu menjadi retak-retak atau mengelupas dan cepat rusak. Alangkah baiknya diangin-anginkan saja. Biarkan sepatu kering secara alami atau Anda angin-anginkan di depan kipas angin. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan alat bantu hairdryer untuk mengeringkannya.

menyimpan sepatu

2. Menggunakan kain halus

Anda bisa menggunakan kain halus dan sikat yang berbulu halus untuk membersihkan sepatu dari kotoran. Namun, jangan terlalu keras menggosoknya karena bisa membuat sepatu Anda menjadi cepat rusak. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan baby oil yang berguna untuk membersihkan atau mengangkat noda sepatu. Baby oil juga bisa menjaga keawetan kulit pada sepatu Anda.

3. Hati-hati saat mencucinya dengan air sabun

Sepatu kulit sebenarnya tidak perlu dicuci karena kecerahan kulitnya bisa memudar. Anda cukup membersihkannya dengan lap yang sedikit basah saja. Jika ingin menggunakan sabun atau sampo, maka Anda harus kembali bersihkan sepatu hingga bersih dari sampo atau sabun, lalu mengeringkannya.

4. Silica gel harus tetap ada dalam kotak sepatu

Anda bisa menyimpan sepatu ke dalam kotak sepatu yang dilengkapi dengan silica gel. Silica gel berguna untuk mengawetkan sepatu kulit Anda. Jika Anda tak ingin menyimpannya di dalam kotak sepatu, maka simpanlah di dalam lemari kaca yang tentunya memiliki rongga udara dan tidak mudah dimasuki debu.

5. Menyimpan sepatu dalam kondisi kering

Anda disarankan untuk menyimpannya sepatu saat dalam kondisi yang bersih dan kering karena kotoran yang menempel bisa menumbuhkan kuman dan jamur pada kulit sepatu. Terlebih lagi yang paling harus Anda hindarkan adalah menyimpannya dalam keadaan basah.

Itulah cara merawat sepatu kulit agar awet. Jika kaki Anda berkeringat setelah menggunakannya, maka angin-anginkanlah sepatu itu sebelum disimpan. Ketahuilah bahwa keringat yang mengendap di sepatu kulit akan menimbulkan bau yang tidak enak nantinya. (NR)