10 Plugin WordPress Terbaik

by
March 11th, 2013 at 9:46 am

CiriCara.com – WordPress muncul sebagai penantang utama dalam aktivitas seputar blogging di dunia. Aplikasi berbasis sumber terbuka ini amat populer di Indonesia. WordPress terbilang ramah kepada penggunananya karena sistem pengaturan konten yang ditawarkan relatif lebih mudah dicerna dan dipraktikkan ketimbang aplikasi lainnya.

Sebagai pemilik dan pengelola blog yang menggunakan WordPress, kita harus selalu mengikuti perkembangan terbaru sistem yang merupakan penerus dari cafelog/b2 ini. Salah satu caranya adalah dengan melakukan pembaruan plugin yang dipakai.

Untuk referensi, berikut ini adalah 10 plugin WordPress terbaik yang dihimpun dari berbagai sumber:

1. All in One SEO Pack

all-in-one-seo-pack-options

Plugin ini menawarkan beragam fitur seperti kompatibilitas dengan Google Analytics dan instalasi CMS-style WordPress. All in One SEO Pack mengklaim sebagai satu-satunya plugin yang menyediakan integrasi SEO untuk situs-situs e-Commerce WordPress. Plugin ini juga dapat otomatis menghasilkan META tags dan mengoptimalkan judul untuk mesin pencari.

2. Akismet

akismet-api-key-1

Akismet merupakan plugin yang berfungsi untuk mengecek komentar yang masuk. Plugin ini berguna untuk menyaring komentar dari para spammer. Kita sebagai pengguna bisa melihat komentar yang diduga spam. Akismet.com API key diperlukan untuk menggunakan plugin ini. Untuk blog personal, key tersedia gratis. Sedangkan situs komersial dan bisnis harus membayar untuk berlangganan.

3. Google XML Sitemaps

Google-XML-Sitemaps

Plugin ini mampu menghasilkan sitemap XML khusus yang akan membantu mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo, dan Ask.com untuk mengindeks blog lebih baik. Dengan demikian, “crawler” akan lebih mudah melihat struktur situs dan menerimanya dengan lebih efisien.

4. NextGEN Gallery

wp-nextgen-gallery-album

NextGEN Gallery merupakan salah satu plugin terpopuler di kalangan pengguna WordPress. Plugin yang telah diunduh lebih dari 6 juta kali ini menyediakan sarana yang mumpuni untuk mengunggah dan mengatur galeri gambar. Plugin NextGEN Gallery mampu mengimpor meta data, menambah/menghapus/menyusun ulang/menyortir gambar, mengedit gambar mini (thumbnail), mengelompokkan galeri ke dalam album, dan lain-lain.

5. WP Super Cache

wp_super_cache

Plugin ini menghasilkan fail html statis untuk blog WordPress yang dinamis. Setelah fail html dihasilkan, webserver akan memproses fail ini, bukan skrip PHP WordPress yang lebih berat dan mahal. Fail statis ini disediakan untuk pengguna yang tidak log in, pengguna yang belum meninggalkan komentar di blog, atau pengguna yang belum melihat post yang terlindungi kata sandi.

6. Google Analytics for WordPress

google-analytics-wordpress-4

Plugin Google Analytics for WordPress memudahkan kita untuk melacak blog dengan mudah dan dengan banyak metadata. Fitur yang ditawarkan plugin ini antara lain instalasi yang mudah lewat integrasi dengan Google Analytics API, pilihan untuk menempatkan kode pelacakan secara manual, kemudahan untuk menghubungkan dengan akun Google AdSense dan Google Analytics, mengizinkan hosting lokal fail ga.js, dan banyak lainnya.

7. WPtouch

wptouch

Plugin ini bisa secara otomatis mengubah situs WordPress kita untuk gadget mobil, lengkap dengan artikel bermuatan ajax dan efek mulus ketika melihat dari perambah gadget populer seperti iPhone, iPod touch, smartphone Android, dan BlackBerry OS 6 ke atas. Panel administrator tersedia untuk memodifikasi penampilan dan performa situs tanpa mengutak-tik satu pun kode yang terpasang di situs dalam format desktop.

8. Broken Link Checker

Broken-Links-Checker

Plugin ini berfungsi untuk memantau blog guna menemukan tautan yang rusak (broken link). Jika ada tautan rusak, pengelola blog akan mendapatkan notifikasi. Fitur Broken Link Checker antara lain memantau post, halaman, komentar, blogroll, dan custom fields (opsional). Plugin ini juga bisa mencegah mesin pencari mengikuti tautan yang rusak.

9. Really Simple Captcha

CAPTCHA3

Really Simple Captcha tidak bisa berdiri sendiri, harus dipadu padankan dengan plugin lain. Plugin ini sejatinya dibuat oleh Contact Form 7, namun kita juga bisa mengombinasikannya dengan plugin lainnya. Tidak seperti PHP Captcha lainnya, plugin ini tidak menggunakan PHP Sessions untuk menyimpan karakter/kata yang menjadi captcha sehingga captcha bisa terbaca dengan mudah.

10. AddThis

addthis

Plugin ini berfungsi untuk mendapatkan lebih banyak lalu lintas (traffic) di situs. Dengan AddThis, pengunjung situs bisa mempromosikan konten dengan membagikannya lewat media sosial dan situs untuk bookmark. Pengelola blog bisa melihat bagaimana konten dibagikan: layanan yang sering dipakai, konten yang paling sering dibagikan, dan banyak lainnya. (hp)

Comment di sini