7 Cabang Ilmu yang Paling Diminati di Dunia Kerja

by

CiriCara.com – Bagi kamu-kamu yang sedang duduk di bangku SMA kelas 3, dan sedang bersiap menghadapi Ujian Nasional yang sudah menanti sebentar lagi, pasti perasaannya sedang bercampur aduk, antara khawatir, ragu, takut, dan sebagainya.

Sudah punya rencana setelah lulus SMA? Bagi yang melanjutkan ke perguruan tinggi, kira-kira jurusan apa yang mau diambil?

Kalau ada di antara kamu yang masih bingung dalam menentukan jurusan yang hendak kamu pilih demi menopang karier di masa depan, berikut beberapa daftar cabang ilmu yang paling diminati di dunia kerja, baik oleh perusahaan dalam negeri maupun luar negeri.

1. Administrasi Bisnis

Business Administration

Kalau kamu memilih jurusan ini, maka kamu akan diajarkan cara untuk merencanakan, mengatur, mengontrol seluruh aktivitas organisasi. Menurut data dari Departemen Tenaga Kerja AS, lowongan pekerjaan pada posisi Administrasi Bisnis masih sangat dibutuhkan oleh sebagian besar perusahaan karena posisi ini juga memegang peranan penting demi berjalannya suatu perusahaan.

2. Akuntansi

Akuntan

Melihat dari perkembangan dunia bisnis di zaman modern ini, fungsi seorang akuntan tentu sangat dibutuhkan untuk mengetahui laju keuangan suatu perusahaan. Ketika kamu memilih jurusan akuntansi, maka kamu akan diajarkan cara merekam dan menganalisis informasi tentang lajur keuangan perusahaan beserta risikonya. Posisi sebagai akuntan akan menjamin karier kamu, karena cabang ilmu ini masih sangat diminati di dunia kerja hingga sekarang ini.

3. Administrasi Kesehatan

Health Care Administration

Ketika memutuskan untuk mengambil jurusan administrasi kesehatan, maka kamu akan diajarkan cara mengoperasikan fasilitas yang berkaitan dengan kesehatan, hukum-hukum yang berkaitan dengan kesehatan, serta hal-hal lainnya yang berhubungan dengan kebijakan standar rumah sakit. Karier di bidang kesehatan juga hampir selalu menempati urutan teratas.

4. Komunikasi

communication

Seiring berkembangnya media informasi untuk menyebarkan informasi di zaman modern yang hampir dikuasai oleh teknologi ini, membuat jurusan komunikasi menjadi sangat digandrungi. Pasalnya, banyak perusahaan mengakui bahwa lulusan jurusan komunikasi sangat dibutuhkan untuk membantu perusahaan tersebut menyusun strategi penyebar-luasan informasi/pesan penting kepada khalayak.

Dengan memilih jurusan komunikasi, kamu akan tahu bagaimana cara untuk menulis dan berbicara secara profesional, menganalisis dan memberikan kritik pada media, serta cara melakukan presentasi formal, bahkan berani adu pendapat.

5. Ilmu Komputer

Ilmu Komputer

Sudah tidak diragukan lagi, berkembangnya kecanggihan internet yang dibarengi dengan semakin hebatnya perangkat komputer, tablet, dan gadget lainnya, membuat orang semakin berlomba-lomba untuk memahami ilmu komputer tersebut.

Bagi kamu yang tertarik dengan bahasa pemrograman dan sejenisnya, jurusan yang tepat untuk dipilih ialah Ilmu Komputer, Teknologi Informasi, ataupun Sistem Komputer; karena di dalamnya kamu akan diajarkan bagaimana cara membuat program dengan memahami Java, bahasa C ++, serta cara merancang perangkat lunak komputer. Tidak dipungkiri, karier para IT ini tidak akan terhenti di dunia kerja pada zaman yang serba mengandalkan teknologi seperti sekarang ini.

6. Pendidikan

Tenaga pengajar

Dunia pendidikan tidak akan pernah berakhir, karena generasi selalu berganti dan setiap anak pada generasi itu pasti membutuhkan pendidikan, bahkan orangtua pun masih ada yang semangat untuk menimba ilmu. Jadi, memilih jurusan pendidikan untuk menjadi tenaga pengajar adalah pekerjaan yang akan selalu dibutuhkan sampai kapanpun, asalkan kamu juga memiliki keinginan untuk mengajar.

7. Perawat

Nursing

Menurut data dari Departemen Tenaga Kerja AS, pekerjaan sebagai suster atau perawat memang terus dibutuhkan, mengingat penyakit di zaman sekarang ini semakin aneh-aneh, dan pihak rumah sakit serta dokter sangat membutuhkan bantuan untuk menangani para pasien yang setiap hari mencapai ribuan di berbagai rumah sakit.

Jika kamu mengambil jurusan perawat, ilmu yang kamu dapat akan berbeda dengan ilmu dari jurusan administrasi kesehatan yang telah dijabarkan pada nomor 3. Kalau jurusan perawat ini, kamu akan lebih diajarkan pada bagaimana cara menangani pasien, berkomunikasi dengan penderita sakit parah, cara memberi dorongan pada mereka, serta teknik-teknik perawatan yang benar tentunya.

Itulah ketujuh cabang ilmu di universitas yang hingga sekarang ini masih sangat diminati oleh sebagian besar perusahaan dan rumah sakit.

(yk)

Yahoo


comments powered by Disqus