“Bos Besar” Ditangkap, Preman Jakarta Masih Menjamur

by
March 11th, 2013 at 2:26 pm

Jakarta (CiriCara.com)Hercules dianggap sebagai salah satu sosok “bos besar” legendaris penguasa para preman di Jakarta. Kini, ia sedang menjalani proses hukum setelah ditangkap polisi pada hari Jumat, 8 Maret 2013 kemarin.

Penangkapan Hercules ini mengingatkan terhadap penangkapan John Kei beberapa waktu lalu karena kasus pembunuhan terhadap bos PT Sanex Steel, Tan Harry Tantono atau Ayung. Karena kasus pembunuhan itu, John Kei divonis 12 tahun penjara.

Setelah John Kei, sekarang giliran ‘petinggi’ preman dari kubu berbeda, Hercules diamankan oleh polisi atas tuduhan penyerangan dan pemerasan.

Namun walau kedua orang petinggi preman di Jakarta itu sudah ditangkap, namun diperkirakan premanisme di Jakarta tidak akan berkurang.

Tempo

Tempo

Dilansir dari Tempo.co, menurut pendapat dari Adrianus Meliala, kriminolog dari Universitas Indonesia, akan ada regenerasi dalam tubuh kelompok preman.

“Ada regenerasi di dalam tubuh kelompok preman,” kata kriminolog dari Universitas Indonesia, Adrianus Meliala, Minggu, 10 Maret 2013 seperti dikutip oleh sumber yang sama.

Menurut Adrianus, hukum yang dipakai dalam dunia preman atau gangster adalah “under world” yang berarti bahwa regenerasi akan selalu diterapkan selam kelompok-kelompok preman tersebut masih ada. Menurutnya, penangkapan kelompok Hercules hanya sebuah elemen kecil dari dunia preman.

Sedangkan menurut kriminolog lain, Ade Erlangga Masdiana, kelompok Jon Kei dan Hercules adalah puncak dari gunung es karena bagian dari kelompok mereka masih berkeliaran dimana-mana.

Kriminolog lainnya, Muhammad Mustofa mengatakan bahwa seharusnya penangkapan Hercules tidak hanya sekedar emosi sesaat karena bagian-bagian dari premanisme itu masih tersebar luas di kalangan masyarakat. (RN)

Comment di sini