CiriCara: Cara Cerdas Mencuri Hati Pelanggan

by
March 11th, 2013 at 5:05 pm

ramah pada pembeliCiriCara.comSaat menjalankan bisnis, tentunya seorang pengusaha menginginkan bisnisnya berjalan lancar agar mendapatkan keuntungan yang besar. Kelancaran bisnis bukan hanya ditentukan oleh produk yang Anda jual, tapi juga konsumen atau para pelanggan yang datang ke toko.

Ketahuilah bahwa para pelangganlah yang meningkatkan angka penjualan bisnis Anda. Dari pelanggan, bisnis Anda bisa lebih berkembang dan pemasukan menjadi lebih baik lagi. Lantas, bagaimana cara mencuri perhatian pelanggan agar bisnis yang dijalani tetap berjalan lancar?

Dilansir Galtime.com, berikut cara cerdas mencuri hati pelanggan:

1. Biarkan pelanggan mengetahui info bisnis Anda

Jika ingin dicintai pelanggan, maka Anda harus memperkenalkan diri serta bisnis yang dijalani. Biarkan pelanggan mengetahui informasi secara lengkap mengenai bisnis Anda. Saat mereka bertanya-tanya, Anda harus bisa menjawabnya secara baik-baik. Dengan begitu, nama bisnis atau perusahaan Anda akan semakin dikenal baik oleh publik.

2. Memberikan potongan harga

melayani pelanggan

Memberikan potongan harga di awal merupakan salah satu cara untuk menarik perhatian para pelanggan. Namun, setelah tak ada potongan harga lagi, pelanggan pun ikut lenyap. Agar tak terjadi seperti itu, Anda disarankan untuk tetap memanjakan pelanggan dengan memberikan diskon. Misalnya, dengan membuat kartu diskon untuk pelanggan setia. Jadi, diskon hanya bisa diberikan untuk pelanggan yang memiliki kartu.

3. Mengucapkan terima kasih

Seorang pelanggan sangat senang diperlakukan ramah. Ketahuilah bahwa setiap pelanggan yang datang harus diperlakukan seperti seorang raja atau ratu. Untuk itu, coba perlakukan mereka dengan ramah dan layani dengan baik. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah mengucapkan terima kasih usai melakukan transaksi di toko. Pelanggan yang diperlakukan ramah biasanya akan merasa senang dan setia pada Anda.

4. Mendengarkan keluhan mereka

Mendapatkan kritikan dan saran dari para pelanggan merupakan hal yang biasa. Namun, Anda tak boleh tersinggung pada apa yang dikatakan mereka. Anda harus bisa mendengarkan segala keluhan mereka. Kritik dan saran dari mereka bisa memperbaiki usaha yang dijalani.

5. Mencintai pelanggan

Cara terakhir untuk mencuri hati pelanggan adalah dengan mencintai mereka. Perlakukan mereka seperti teman. Anda jangan hanya fokus pada keuntungan saja. Namun, Anda juga harus aktif berkomunikasi dengan para pelanggan. Dengan begitu, pelanggan akan merasa dihargai dan akan datang lagi ke toko Anda.

Itulah cara cerdas menarik hati pelanggan. Jadi kesimpulannya, Anda sebagai si pemilik toko sebisa mungkin harus melayani pelanggan dengan baik. Bila perlu, manjakan dia dengan memberikan potongan harga. Dengan begitu si pelanggan akan setia dan keuntungan Anda pun akan meningkat. (NR)

Comment di sini