CiriCara: Ciri-ciri Kehamilan yang Sehat

by
March 11th, 2013 at 3:03 pm

wanita hamilCiriCara.comSaat wanita sedang hamil, dirinya bisa menjadi sangat hati-hati dan mungkin merasa cemas. Calon ibu bukan hanya memikirkan dirinya sendiri saja, tapi juga bayi yang sedang dikandungnya.

Kehati-hatian dan rasa cemas yang dimiliknya itu dikarenakan calon ibu menginginkan janin yang ada di rahimnya itu dalam kondisi sehat hingga melahirkan nanti. Lalu, apakah kondisi janin Anda baik-baik saja?

Untuk mengetahuinya, simak ciri-ciri kehamilan yang sehat berikut ini yang dicuplik dari Magforwomen.com dan Timesofindia.Indiatimes.com:

1. Tubuh terasa nyeri saat hamil

Merasa berat untuk bergerak saat hamil itu merupakan hal umum yang dirasakan oleh wanita hamil. Tubuh terasa sakit dan nyeri disebabkan oleh tekanan tambahan dan beban kehamilan pada tubuh Anda. Ketahuilah bahwa sakit ringan, seperti sakit punggung itu merupakan hal yang wajar. Hal tersebut menandakan bahwa kehamilan Anda normal. Jika merasakan sakit yang luar biasa, maka Anda bisa berkonsultasi langsung dengan sang dokter.

2. Berat badan naik bertahap

Berat badan yang naik secara bertahap merupakan suatu tanda dan menjadi hal penting bahwa kehamilan Anda berjalan lancar. Saat sedang mengandung, Anda disarankan untuk memperhatikan berat badan secara rutin. Ketahuilah bahwa wanita hamil biasanya akan mengalami kenaikan berat badan sekitar 12 – 15 kilogram selama masa kehamilan.

sehat saat hamil

3. Tekanan dan kadar gula darah normal

Indikator lain yang menandakan bahwa kehamilan Anda sehat adalah dilihat dari tekanan dan kadar gula darahnya. Tekanan darah dan kadar gula darah dipantau pada trisemester yang berbeda. Tekanan darah dan kadar gula memang mengalami fluktuasi selama kehamilan dan sedikit lebih tinggi. Namun, tidak terjadi lonjakan yang intens. Ketahuilah bahwa akibat kadar gula yang tinggi bisa membuat proses melahirkan sulit. Untuk itu, lakukanlah pemeriksaan gula darah untuk memastikan kadarnya tak melonjak terlalu tinggi.

4. Kondisi rahim dan plasenta sehat

Untuk menjaga janin dalam rahim, pastikan kondisi rahim dan plasenta tetap sehat sampai melahirkan. Plasenta harus melekat dengan baik pada dinding rahim karena jika tidak bisa menyebabkan kelahiran prematur atau keguguran.

5. Pertumbuhan si janin baik

Pertumbuhan janin menentukan kondisi bayi nantinya. Untuk mengetahui keadaan si janin dalam rahim, Anda bisa memperhatikan berat badan atau melalui USG. Jika pertumbuhan janin kurang, maka bisa menjadi tanda si janin kekurangan oksigen di dalam rahim dan mengakibatkan gangguan fungsi plasenta.

6. Si janin yang bergerak

Memasuki antara bulan keempat dan kelima, Anda akan mengalami hal yang paling indah karena bisa merasakan gerakan bayi. Jika Anda merasa bayi bergerak secara berkala, maka petanda bahwa si bayi dalam keadaan sehat. Untuk itu, nikmatilah setiap gerakannya. Sementara jika Anda merasa bayi belum bergerak dalam waktu yang sangat lama dan tidak aktif seperti biasanya, maka segera konsultasikan pada dokter.

Itulah ciri-ciri kehamilan yang sehat. Ciri-ciri tersebut membantu Anda untuk mengetahui apakah kehamilan dalam kondisi baik-baik saja atau tidak. Untuk mendapatkan kondisi kehamilan yang sehat, Anda juga disarankan untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan berolahraga ringan. Selain itu, jika Anda merasa tidak nyaman atau berfirasat buruk, maka segera konsultasikan pada dokter kandungan. (NR)

Comment di sini