Wartawan Dipukul Saat Wawancara Gubernur Jawa Barat

by
March 11th, 2013 at 9:31 am

Jakarta (CiriCara.com)Tindak kekerasan kembali terjadi kepada wartawan. Kali kekerasan terhadap para pewarta dialami oleh wartawan yang meliput berita dan kegiatan Gubernur Jawa Barat terpilih, Ahmad Heryawan.

Kompasiana

Kompasiana

Para pewarta itu mengalami kekerasan usai acara pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bekasi di Gedung DPRD Kota Bekasi, Jawa Barat.

Seperti diberitakan oleh Tempo.co, beberapa wartawan mengaku telah mendapat kekerasan dari kubu satuan petugas penjaga kedua kepala daerah terpilih pada hari Minggu, 10 Maret 2013.

“Mereka (Satgas) melarang kami untuk melakukan peliputan,” ujar Erik Hamzah, wartawan dari Radio Republik Indonesia kepada Tempo.co, Minggu, 10 Maret 2013.

Menurut petugas Satuan Polisi Pamong Praja itu, saat mengawal jalannya acara pelantikan, sebenarnya petugas sudah menyediakan tempat dan waktu bagi wartawan untuk mewawancarai Aher. Tapi nyatanya, saat ingin meliput, satgas melarang dan mendorong mereka.

Erik bahkan mengaku sempat disikut bagian dadanya oleh satuan petugas yang diduga berasal dari partai politik pendukung pasangan Wali Kota baru. Tidak hanya terjadi pada dia sendiri, kekerasan juga dialami oleh beberapa orang wartawan lainnya.

Wartawan lain yang mengalami kekerasan adalah Dedi Beben, koresponden Trans 7 Bekasi yang mengaku dipukul di bagian perutnya oleh satuan petugas yang memakai seragam berwarna hitam kuning.

Saat terjadi kekerasan, para wartawan sempat berteriak agar pemukulan itu dihentikan. Namun meski berteriak, pertikaian tidak dilerai bahkan petugas semakin keras melakukan perlawanan.

Sementara itu pihak Ahmad Heryawan mengatakan bahwa pihaknya tidak pernah melarang awak media untuk melakukan peliputan. Ia menduga ada sebuah tindak arogansi yang berasal dari satuan petugas partai politik.

Ahmad Heryawan mengaku bahwa ia sempat melerai tindak kekerasan para petugas terhadap wartawan. Menurutnya ia sama sekali tidak punya masalah terhadap wartawan yang mewawancarainya. Ia juga mengatakan bahwa ia tidak terlalu mendapat pengawalan ketat dari satgasnya saat acara berlangsung.

Ahmad Heryawan kembali terpilih menjadi Gubernur Jawa Barat untuk kedua kalinya setelah melewati proses Pemilihan Gubernur (Pilgub) pada Minggu, 24 Februari 2013 lalu bersama pasangannya Dedy Mizwar dan mengalahkan pasangan lain seperti Rieke Diah Pitaloka dan Teten Masduki(RN)

Comment di sini