Butuh Biaya, Pemuda Nekat Tawarkan Ginjal di Kaskus

by
March 13th, 2013 at 11:42 am

Jakarta (CiriCara.com)Kaskus, forum jual beli online yang dikenal luas oleh para pengguna internet di Indonesia sempat dijadikan beberapa orang penggunaya untuk menjual organ tubuh.

Kompasiana

Kompasiana

Peristiwa penjualan organ tubuh ini dilakukan oleh kaskuser bernama Fahmi Rahardiansyah (19) dalam sebuah thread jual beli di forum tersebut. Diberitakan oleh Kompas.com, Fahmi terpaksa menawarkan ginjalnya untuk membiayai pengobatan orangtuanya.

Thread yang diposting di Kaskus itu dibuat sejak Senin, 11 Maret 2013 lalu. Kenapa Fahmi sangat berniat menjual ginjalnya?

“Saya cuma mau bantu pengobatan orangtua saya,” kata Fahmi saat ditemui Kompas.com di Balaraja, Tangerang, Selasa 12 Maret 2013 kemarin.

Fahmi adalah anak tunggal dari pasangan Muhammad Dik Mahmudi dan Ami yang sudah berumur 50 tahun. Selama tiga tahun, ayah Fahmi sudah menderita penyakit darah tinggi sehingga harus menjalani pengobatan saraf secara kontinyu agar bisa sembuh seperti semula.

Karena tidak memiliki cukup biaya untuk pengobatan tersebut, Fahmi menawarkan penjualan ginjalnya senilai Rp. 50 juta agar ia bisa membayar biaya perawatan ayahnya di rumah sakit.

Sebelum Fahmi membuat penawaran itu, beberapa minggu sebelumnya ayah Fahmi sempat dirawat di Puskesmas Balaraja dan menghabiskan uang sebesar Rp. 2,5 juta. Sedangkan untuk sembuh, orangtua Fahmi harus menjalani terapi saraf secara intensif hingga kondisinya membaik.

Fahmi sebagai anak tunggal dari kedua orang tuanya merasa sangat terbeban untuk memikul beban orang tuanya itu.

Sementara Fahmi sendir baru lulus dari SMK Kesehatan tahun lalu. Ia lalu bekerja sebagai asisten dokter di salah satu klinik di Bandung dengan gaji Rp. 1 juta per bulan. Gajinya digunakan untuk memenuhi kebutuhan pribadinya dan orangtuanya.

Ayah Fahmi masih mendapat uang pensiun sebesar Rp. 800.000 per bulan. Uang senilai Rp. 1,8 juga itu tetap saja belum bisa mencukupi kebutuhan pengobatan orangtuanya.

Sejak Fahmi memposting penjualan ginjal di Kaskus, banyak orang pengguna Kaskus lainnya yang melarang ia melakukan hal tersebut. Alasannya, selain melanggar hukum pidana, Fahmi juga bisa terkena dampak kesehatan dalam jangka panjang.

“Saya tahu ini pidana, saya juga takut. Tapi kalau orangtua saya sembuh, saya enggak apa-apa kalau harus dipenjara,” kata Fahmi pasrah.

Menurut penelitian, manusia yang menjual ginjalnya tetap bisa hidup meski dengan satu ginjal saja. Namun kemungkinan besar si penjual ginjal beresiko ikut terkena sakit ginjal yang parah di kemudian hari.

Selain itu, orang yang hidup dengan satu ginjal harus bisa menjaga fungsi ginjal dengan baik agar terhindar dari infeksi ginjal atau saluran urin lainnya lewat pola hidup yang sehat. (RN)