CiriCara: Cara Agar Anak Pintar Matematika

by
March 13th, 2013 at 4:56 pm

belajar matematikaCiriCara.com – Sejak memasuki Taman Kanak-kanak (TK), seseorang sudah diajari berhitung. Semakin tinggi pendidikan yang dicapai, semakin sulit juga tingkat  hitungan yang dipelajari. Mempelajari angka-angka dan menghitungnya itu termasuk dalam ilmu matematika.

Matematika merupakan salah satu pelajaran yang ditakuti hampir semua siswa. Apakah Anda merasakan hal tersebut saat sekolah? Seseorang yang menakuti pelajaran matematika itu dikarenakan dirinya merasa kesulitan untuk memecahkan soal dan mendapatkan hasil yang tepat.

Hal tersebut juga mungkin dialami oleh anak Anda sendiri. Jika si anak tidak mendapatkan hasil yang tepat dari soal yang dikerjakannya, maka biasanya dirinya akan jadi malas untuk mengerjakannya lagi. Ketahuilah bahwa untuk bisa menguasai matematika itu diperlukan latihan yang rutin.

Apakah Anda ingin si anak jago berhitung dan menguasai matematika? Berikut tips yang bisa diberikan untuk Anda:

1. Ajari yang paling mudah terlebih dahulu

Sebagai orangtua, Anda harus bisa mengajari si anak dengan baik. Sejak dirinya kecil, mulailah mengajarinya berhitung dan mempelajari materi matematika yang mudah terlebih dahulu. Dengan mempelajari materi yang mudah terlebih dahulu, tentunya pikiran si anak tak begitu terbebani dan menganggap mudah mempelajari matematika.

matematika

2. Memberikannya soal latihan

Ketahuilah bahwa matematika tak begitu saja diperoleh ilmunya. Matematika harus sering dicoba dan dipraktikan. Untuk itu, Anda harus sering memberikan soal latihan matematika kepada si anak. Suruh si anak mengerjakannya, lalu bahaslah bersama jika dirinya sudah selesai mengerjakannya.

3. Suruh anak untuk mengingat

Saat belajar matematika, suruh si anak menggunakan sistem mengingat, bukan menghafal apa yang sudah dikerjakan. Suruh anak untuk megulang apa yang sudah dipelajari. Dengan begitu, secara otomatis hal yang sudah dipelajari itu sedikit demi sedikit akan diingatnya. Jika menyuruh anak untuk menghafal, maka hanya akan membuatnya stres.

4. Ajak anak untuk mengikuti les

Tak ada salahnya mengajak anak untuk mengikuti bimbingan belajar jika Anda merasa apa yang diberikan di sekolahnya tidak cukup. Dengan bantuan guru les, si anak biasanya akan mendapatkan rumus-rumus singkat untuk bisa mengerjakan soal matematika dengan mudah dan tepat.

5. Biarkan si anak belajar kelompok

Belajar kelompok akan sangat bermanfaat bagi si anak. Dengan belajar kelompok, si anak jadi bisa berdiskusi dengan teman-temannya untuk menyelesaikan soal matematika. Si anak juga jadi bisa mengukur dan mengetahui sejauh mana dirinya menguasai matematika.

Itulah cara agar anak menguasai pelajaran matematika. Sebagai orangtua, Anda harus bisa menyemangati dan menumbuhkan rasa percaya dirinya agar bisa mengerjakan berbagai soal matematika. Dengan beitu, anak Anda akan mudah mempelajari dan menguasai matematika. (NR)