CiriCara: Cara Matikan Sinkronisasi Foto Android dan Apple ke Facebook

by
March 13th, 2013 at 1:40 pm

12b41_Facebook_Photo_Sync_610x603CiriCara.com – Bagi yang sudah akrab dengan fitur Facebook baru yang memampukan Anda melakukan sinkronisasi foto dengan perangkat Apple dan Android secara otomatis melalui jaringan internet, Anda mungkin kadang terganggu karena fitur ini melakukan sinkronisasi terus menerus secara otomatis.

Fitur ini akan mengunggah 20 foto terbaru yang Anda ambil menggunakan perangkat Android dan Apple Anda secara otomatis. Selain ada risiko untuk foto pribadi terlihat orang di Facebook, fitur ini juga akan terus-terusan menguras layanan data internet.

Namun seperti dilansir cnet.com, foto-foto yang terunggah secara otomatis ini akan masuk ke folder pribadi di mana tidak akan tampil sebelum penggunanya mengaktifkannya. Facebook juga berjanji bahwa proses unggah foto ini tidak akan memakan banyak bandwidth karena dapat diatur medianya yakni layanan data seluler atau Wi-Fi.

Bila Anda tidak sengaja mengaktifkan fitur ini pada perangkat Android atau Apple Anda dan tidak tahu cara mematikannya. Berikut ini cara matikan fitur sinkronisasi foto Android dan Apple ke Facebook:

Android

1. Dalam Facebook Anda pilih menu utama yang terletak di pojok kiri layar dan pilih “Account

2. Setelah itu pilih “App Settings” lalu pilih “Sync Photos” dan pilih “Don’t sync my photos.”

Apple

1. Pertama dari layar Timeline, tekan “Photos” lalu pilih “Sync.”

2. Selanjutnya pilih ikon gir di sudut kanan atas layar dan sekarang pilih “Turn off Photo Sync” lalu “Don’t sync my photos” dan terakhir pilih “Done.”

Anda juga bisa mematikan fitur ini melalui aplikasi Settings dengan terlebih dahulu menjalankan aplikasi “Settings” lalu pilih “Privacy” dan selanjutnya “Photos”. Terakhir, ganti tombol “On” menjadi “Off.”

Pengaturan privasi Facebook memang selalu direvisi dan di-update bila ada keluhan atau masukan dari pengguna. Namun memang fitur sharing masih dalam pembahasan di mana di satu sisi fitur sharing konten Facebook atau share konten di Facebook adalah fitur Andalan, tapi di sisi lain juga bisa merugikan privasi penggunanya.

Salah satu solusi yang menjadi wacana adalah menambahkan pilihan sebelum kita mengunggah konten di Facebook seperti konten ini bisa di-share atau tidak. Namun hingga kini wacana ini belum jadi kenyataan.

Perombakan hanya terjadi pada privasi di Timeline, di mana kita bisa membatasi akses orang-orang yang ingin melihatnya dan menunda posting yang ter-tag nama kita muncul di Timeline sebelum kita mengizinkannya. (LH)

Comment di sini