CiriCara: Cara Menghindari Penipuan Saat Belanja Online

by
March 13th, 2013 at 3:35 pm

belanja onlineCiriCara.com – Saat ini, belanja online sudah menjadi hal yang biasa. Semakin hari semakin banyak saja orang yang melakukan transaksi di situs jual beli online. Belanja online memang menawarkan kemudahan bagi semua orang. Saat sedang membutuhkan sesuatu atau ingin membeli barang, mereka hanya tinggal berkunjung ke situs online untuk mendapatkan barang yang diinginkan.

Selain situs online, Anda juga bisa belanja di media sosial, seperti Twitter, Facebook, Instagram, dan media sosial lainnya. Dari situ, Anda bisa memilih barang mana yang tepat. Apakah Anda tergolong orang suka berbelanja online? Jika iya, maka berhati-hatilah.

Penipuan bisa saja terjadi jika Anda belanja di toko online. Barang yang dipesan bisa saja tak sampai ke rumah Anda, sementara sudah melakukan pembayaran. Hal tersebut terkadang membuat takut beberapa orang. Selain  itu, beberapa orang lainnya juga menakuti jika barang yang dipesan tak sesuai dengan gambar yang dimuat si situs, apakah email pembeli akan disebarluaskan, dan apakah informasi personal dan finansial pembeli akan dicuri.

Untuk mengatasi semua ketakutan itu, Anda disarankan agar menjadi pembeli yang cerdas dan teliti. Bagaimana caranya? Inilah cara agar tak tertipu saat belanja online:

berbelanja online

1. Melakukan riset produk yang akan dibeli

Sebelum memutuskan untuk membeli barang di toko online, Anda harus melakukan riset terlebih dahulu mengenai barang yang akan dibeli. Anda bisa melakukan riset di toko sebenarnya atau toko online lain. Tujuan melakukan riset ini adalah agar Anda tidak ditipu olehnya.

2. Kenali toko online

Sebelum memutuskan untuk membeli, Anda juga harus memastikan bahwa toko online tersebut merupakan toko yang terpercaya. Jangan langsung tergiur dengan barang-barang yang ditawarkan dengan harga yang murah. Anda harus menelusuri terlebih dahulu. Hati-hati jika Anda ingin berbelanja online melalui situs Facebook, Twitter, dan Instagram.

3. Melindungi informasi personal dan finansial

Menyimpan data pribadi di komputer setelah bertransaksi bisa menjadi hal yang berbahaya. Komputer atau laptop Anda bisa saja dicuri dan data akan berpindah ke pencuri sehingga bisa disalahgunakan. Untuk itu, pastikan laptop dalam keadaan terkunci setelah Anda pakai.

4. Cek dan verifikasi kembali jika Anda mendapatkan penawaran aneh

Cek dan verifikasi kembali jika Anda mendapatkan penawaran aneh dari email, SMS, telepon, Facebook, ataupun Twitter. Carilah info yang bisa dipercaya mengenai penawaran tersebut sebanyak mungkin. Jangan langsung tergiur dengan harga yang ditawarkan oleh toko online tersebut.

5. Bayar melalui jalur yang aman dan terpercaya

Salah satu pembayaran belanja online yang paling aman adalah melalui Paypal. Namun, pastikan Anda berada pada alamat yang benar. Jangan sampai data kartu kredit Anda dicuri dan disalahgunakan.

Itulah cara menghindari penipuan saat belanja online. Jangan langsung tergiur untuk membelinya dengan harga yang ditawarkan toko online tersebut. Anda harus memastikan kebenarannya agar tidak tertipu. (NR)

Comment di sini