CiriCara: Cara Tepat Mengatasi Ketidakadilan di Kantor

by
March 13th, 2013 at 4:34 pm

mendapat perlakuan tidak adilCiriCara.com – Anda merasa diperlakukan tidak adil saat bekerja? Mendapatkan perlakuan tidak adil saat di kantor tentunya membuat Anda tidak nyaman. Ketidakadilan itu bisa saja datang dari atasan Anda. Atasan mungkin memperlakukan Anda berbeda dari rekan kerja lainnya.

Anda yang giat bekerja, selalu membantu teman yang sedang mengalami kesulitan, dan terkadang menjadi orang yang paling terakhir di kantor untuk menyelesaikan tugas-tugas kantor. Namun, setelah 3 tahun bekerja gaji tak kunjung naik dan bonus pun tak diterima. Pekerjaan malah makin bertambah banyak dan menumpuk.

Jika mendapat perlakuan seperti itu, maka Anda akan bertanya-tanya mengenai penyebabnya. Apakah Anda ddiperlakukan seperti itu? Jika iya, maka ada cara untuk mengatasinya. Berikut cara tepat mengatasi ketidakadilan di kantor:

1. Kenali dahulu masalahnya

Sebelum mengatakan diri Anda diperlakukan tidak adil, kenali dulu masalahnya. Apakah karena bentrok antara kepribadian Anda dan atasan? atau adakah masalah lainnya, seperti rekan kerja yang lebih dekat dengan atasan sehingga dia selalu mendapatkan keuntungan dibandingkan Anda. Untuk mengetahui masalah ini, Anda harus melihat dan bersikap obyektif. Anda tentunya tidak ingin mengangkat masalah yang ternyata hanya berdasar pada kekhawatiran saja. Jika tak yakin, maka Anda bisa bertanya kepada rekan kerja yang berada di posisi netral.

ketidakadilan saat bekerja

2. Mencatatnya

Untuk mengatasi ketidakadilan itu, selalu catat tindakan yang menurut Anda tidak adil. Hal tersebut tentunya akan mengenali masalah dan mengontrol situasi. Simpan catatan itu dahulu sebelum akhirnya Anda memberitahukan pihak lain yang bersangkutan.

3. Mengetahui peraturan kantor

Jika Anda curiga pada perusahaan karena telah diperlakukan tak adil, maka coba cari tahu aturan kerja di kantor yang berkaitan dengan kasus yang Anda alami. Dengan begitu, Anda jadi bisa mengetahui apakah benar Anda diperlakukan tidak adil atau tidak oleh perusahaan.

4. Meminta pendapat

Ketika merasa diperlakukan tidak adil saat bekerja, Anda juga bisa menceritakannya langsung pada HRD. Selain itu, Anda juga bisa meminta pendapat dari orang-orang terdekat, seperti orangtua, sahabat, atau rekan kerja lain yang bisa dipercaya.

5. Tetap jaga kesehatan

Jangan biarkan situasi kantor membuat Anda stres hingga akhirnya jatuh sakit. Selalu prioritaskan kesehatan Anda dan tetaplah tenang ketika menghadapi setiap masalah yang terjadi di kantor.

Itulah cara tepat mengatasi ketidakadilan di kantor. Jika Anda merasa diperlakukan tidak adil saat di kantor, maka coba lakukan beberapa tips di atas. Mungkin cara tersebut bisa membantu Anda untuk menyelesaikannya hingga bisa kembali bekerja lagi dengan tenang. Ketahuilah bahwa suasana yang menyenangkan di kantor tentunya memotivasi Anda untuk bekerja lebih semangat lagi. (NR)

Comment di sini